Jumat 14 Apr 2023 04:00 WIB

Selain Vape Mint, Ada Tiga Rasa Lain yang Juga Paling Mematikan

Banyak orang mengira vape lebih aman daripada rokok konvensional.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Vape (ilustrasi). Para ilmuwan memperingatkan rasa mint dapat sama berbahayanya dengan vape cannabinoid yang sangat terkait dengan cedera paru-paru.
Foto:

3. Popcorn mentega

Sisi berbahaya dari aromanya yang enak pertama kali ditemukan pada 1990-an, ketika staf di pabrik popcorn AS mulai mengeluhkan gejala batuk dan mengi. Mereka rupanya mengalami masalah paru-paru mematikan yang disebut bronkiolitis obliterans, kondisi yang kini dikenal sebagai popcorn lungs.

"Penyebabnya ditelusuri kembali ke bahan kimia di balik rasa mentega pada popcorn," kata penulis Diana Crow.

Bahan kimia berbahaya yang dihasilkan oleh berondong jagung mentega disebut diacetyl. Itu mungkin sesuatu yang harus Anda hindari.

4. Kayu manis

Meskipun rasa ini mungkin beraroma menggoda dan terasa enak, bukan berarti aman. Faktanya, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa itu mungkin rasa yang paling berbahaya untuk dihirup.

Kayu manis terdaftar dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Physiology sebagai salah satu rasa paling berbahaya bagi paru-paru. Menurut WebMD, vape rasa kayu manis dapat merusak kemampuan paru-paru untuk membuang lendir.

Para peneliti dari American Thoracic Society menyebut cinnamaldehyde, bahan kimia yang berbau dan berasa seperti kayu manis, dapat menyebabkan masalah pada paru-paru saat dipanaskan dan dihirup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement