Kamis 13 Apr 2023 15:18 WIB

Rekor Film Animasi Terlaris Super Mario Bros Movie Diprediksi Sulit Terkalahkan

The Super Mario Bros Movie mencetak pembukaan global animasi paling sukses.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Poster film The Super Mario Bros. Rekor The Super Mario Bros Movie diprediksi sulit terkalahkan.
Foto: Dok Illumination
Poster film The Super Mario Bros. Rekor The Super Mario Bros Movie diprediksi sulit terkalahkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film The Super Mario Bros Movie mencetak pembukaan global paling sukses yang pernah ada untuk sebuah film animasi. Dia menyalip film Frozen 2 dan kemungkinan akan tetap menjadi film terlaris pada 2023.

Dilansir laman Wired, Kamis (13/4/2023), film gim video terbesar sepanjang masa ini dengan mudah akan mengobrak-abrik judul-judul seperti Warcraft dan Pokemon: Detective Pikachu. Kesuksesan semacam ini terasa seperti titik balik, seperti ada sesuatu yang dapat dipelajari oleh 60 adaptasi gim video lainnya yang sedang dikerjakan dari saudara-saudara Mario. Tetapi kenyataannya, hanya sedikit (jika ada) dari film-film tersebut yang akan meniru apa yang telah dilakukan film ini.

Baca Juga

Kembali pada Super Mario Bros (1993), saat itu Mario berusia satu dekade dan sudah menjadi fenomena, mungkin lebih dikenal oleh beberapa anak Amerika daripada Mickey Mouse. Tetapi, bahkan bintangnya tidak dapat menyelamatkan upaya fim live-action yang tidak menyenangkan itu dari penonton yang bingung.

Sekitar 30 tahun kemudian, Mario masih menjadi wajah gim, bahkan saat gim terbarunya terjual habis oleh waralaba yang lebih baru. Ini membuat Mario menjadi tokoh utama dari efek yang mendalam dan tidak dapat diubah dari gim yang memiliki budaya dunia dalam 30 tahun itu.

Dalam konteks itu, menyebut Mario sebagai “karakter permainan” yang sangat reduktif terhadap ikonografinya sehingga hampir tidak ada artinya. Selain itu, untuk mempromosikan Olimpiade Musim Panas 2020 di Tokyo, Perdana Menteri Jepang mendiang Shinzo Abe muncul dari pipa warp dengan kostum overall kebesaran, melambai-lambaikan topi M merah. Tidak ada karakter fiksi yang menguasai tingkat pengenalan merek tersebut.

Ke depannya, kesuksesan film Super Mario Bros Movie akan menawarkan wawasan tentang strategi perusahaan di masa depan untuk film-film ini. Film Mario berfungsi cukup terang-terangan sebagai iklan gim. Sebab meski gap antara ide Mario dengan realitas popularitasnya, Mario tetap menjadi waralaba gim video terlaris sepanjang masa. Gim Mario besar terakhir, Super Mario Odyssey, dirilis pada 2017, terjual 25 juta kopi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement