Jumat 02 Jun 2023 19:13 WIB

Film Super Mario Bros Kalahkan Rekor Frozen Jadi Film Animasi Terlaris

Pencapaian The Super Mario Bros Movie hanya berhasil dilampaui oleh Frozen 2.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Poster film The Super Mario Bros.  The Super Mario Bros Movie berhasil melampaui rekor film Frozen.
Foto: Dok Illumination
Poster film The Super Mario Bros. The Super Mario Bros Movie berhasil melampaui rekor film Frozen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- The Super Mario Bros Movie berhasil menunjukkan performa yang optimal meski film tersebut juga dirilis di berbagai platform streaming atau video on demand (VOD). Memasuki pekan terakhir penayangannya di bioskop, The Super Mario Bros Movie bahkan berhasil melampaui rekor film Frozen.

Berdasarkan laporan Collider, The Super Mario Bros Movie meraup pendapatan kotor dari penayangan global sebesar 1,288 miliar dolar AS atau sekitar Rp 19,1 triliun. Sedangkan film Frozen yang dirilis pada 2013 memiliki total pendapatan kotor dari penayangan global sebesar 1,284 miliar dolar AS atau sekitar Rp 19 triliun.

Baca Juga

Pencapaian The Super Mario Bros Movie hanya berhasil dilampaui oleh Frozen 2 yang meraup pendapatan kotor sebesar 1,45 miliar dolar AS atau sekitar Rp 21,5 triliun. Pencapaian ini menjadikan The Super Mario Bros Movie sebagai film animasi terlaris kedua sepanjang masa di dunia.

Kesuksesan The Super Mario Bros Movie ini mungkin mengejutkan bagi sebagian orang. Alasannya, film ini tak hanya menuai respons positif, terapi juga negatif. Di laman Rotten Tomatoes misalnya, film ini mendapatkan skor tomatometer yang buruk yaitu 59 persen, namun memiliki skor penonton yang tinggi yaitu 96 persen.

 

Terlepas dari reaksi yang beragam tersebut, The Super Mario Bros Movie berhasil melenggang sebagai film terlaris di dunia sepanjang 2023, mengalahkan Guardians of the Galaxy Vol 3. Kesuksesan The Super Mario Bros Movie turut menjadi bukti bahwa tren adaptasi gim video menjadi film atau serial kini semakin diminati.

Seperti dilansir Screen Rant, ada dua adaptasi gim video yang tampak mendominasi dunia pada 2023. Bila pada kategori film ada The Super Mario Bros Movie, pada format serial ada "The Last of Us" dari HBO. Pada tahun-tahun sebelumnya, beberapa film dan serial yang diadaptasi dari gim video juga mendapatkan respons positif. Beberapa di antaranya adalah film Sonic the Hedgehog dan serial Netflix, "Castlevania" serta "Arcane".

The Super Mario Bros Movie merupakan film yang digarap oleh sutradara Aaron Horvath dan Michael Jelenic, serta didistribusikan oleh Universal Pictures. Film ini turut didukung oleh sejumlah aktor dan aktris ternama sebagai pengisi suara. Sebagian di antaranya adalah Chris Pratt sebagai Mario, Charlie Day sebagai Luigi, Jack Black sebagai Bowser, dan Anya Taylor Joy sebagai Putri Peach.

Film The Super Mario Bros Movie berkisah mengenai petualangan Mario dalam menyelamatkan saudaranya, Luigi. Sepanjang perjalanannya, Mario dibantu oleh Putri Peach dan prajurit kerajaan jamur.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement