Jumat 19 Jan 2024 21:48 WIB

Sutradara Minecraft tak Mau Ulangi Kesalahan Film Sonic The Hedgehog

Pada 2020 sempat muncul citra negatif Ugly Sonic di film Sonic The Hedgehog.

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film Minecraft. Sutradara film Minecraft mengaku tak mau mengulangi kesalahan film Sonic The Hedgehog.
Foto: Dok. Warner Bros
Salah satu adegan di film Minecraft. Sutradara film Minecraft mengaku tak mau mengulangi kesalahan film Sonic The Hedgehog.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Jared Hess akan menyutradarai film live-action 2025, Minecraft. Hess mengaku ingin menghindari kesan atau citra "Ugly Sonic" (Sonic Jelek) yang pernah menggema pada 2020. 

Saat berbincang dengan The Salt Lake Tribune, Hess berbicara kilas balik ketika situasi "Ugly Sonic" dikeluhkan para penggemar. Sehingga ia pun tidak ingin di mengecewakan para penggemar game populer tersebut, terutama yang berusia muda.

Baca Juga

"Saya pikir siapa pun yang menggunakan IP apa pun, mereka hanya ingin menghindari situasi 'Ugly Sonic'. Saya tidak bisa mengecewakan anak-anak berusia 10 tahun, atau mereka akan sedih," kata dia seperti dilansir dari Movieweb, Jumat (19/1/2024).

Situasi "Ugly Sonic" pernah muncul ketika desain asli Sonic The Hedgehog diperlihatkan dalam trailer pertama film tahun 2020. Trailer tersebut mendapat kritik negatif massal akibat penggambaran karakter Sonic.

Desain karakter buku komik populer itu dianggap jelek karena punya mata dan gigi yang hampir tampak seperti manusia. Penggambarannya dinilai menakutkan sehingga tidak ingin dilihat oleh banyak penggemar. 

Umpan balik penggemar begitu kuat sehingga tim kembali mendesain ulang karakter tersebut. Tim kembali membuatnya lebih terlihat seperti ikon video game yang dikenal dan disukai oleh basis penggemar.

Meninjau kembali desain karakter tersebut tentu membuahkan hasil bagi Sonic The Hedgehog ketika dirilis ke box office dan menghasilkan 319,7 juta dolar AS secara global. Sonic The Hedgehog 2 menyusul pada tahun 2022 dan terbukti lebih sukses, menghasilkan total 405,4 juta dolar AS di seluruh dunia. Sonic The Hedgehog 3 dijadwalkan rilis pada akhir tahun ini.

Trailer tersebut bukan akhir dari perjalanan "Ugly Sonic" karena itu secara tak terduga muncul untuk beberapa penampilan lucu pada film lain seperti Chip & Dale: Rescue Rangers. Komedi live-action ini membuat versi asli Sonic dihidupkan kembali, menjual merchandise di acara ComicCon dalam film tersebut, dan bahkan menjadi bagian integral dari plot. Jadi, Sonic yang terkesan jelek pun pada akhirnya bisa diterima.

Namun Hess tampaknya lebih dari siap mengambil tugas berat mengadaptasi Minecraft untuk layar lebar. Faktanya, sang sutradara mengakui bahwa tantangan inilah yang membuatnya tertarik pada proyek tersebut:

"Mencoba mengadaptasi sesuatu yang tidak memiliki cerita, ini adalah permainan sandbox terbuka. Saya suka tantangannya. Pasti ada film yang menyenangkan dan konyol di sini. Dan memang ada," ujarnya.

Minecraft adalah adaptasi dari game sandbox survival 3D dengan nama yang sama. Game ini telah menjadi video game terlaris dalam sejarah dengan lebih dari 300 juta kopi terjual dan hampir 140 juta pemain aktif bulanan. 

Meskipun plot film belum terungkap, proyek live-action ini dibintangi oleh Jason Momoa, Danielle Brooks, Jack Black, Emma Myers, Sebastian Eugene Hansen. Lalu ada pemenang Emmy Award, Jennifer Coolidge, yang diumumkan sebagai tambahan pemeran, baru-baru ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement