Rabu 12 Apr 2023 23:38 WIB

'Film Buya Hamka Layak Ditonton, Terutama oleh Anak Muda'

Film Buya Hamka dinilai dapat menginspirasi generasi muda.

Foto adegan dari film Buya Hamka. Menurut Menteri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga, film Buya Hamka layak ditonton terutama oleh anak-anak muda. (ilustrasi)
Foto: Dok Falcon Pictures dan Starvision
Foto adegan dari film Buya Hamka. Menurut Menteri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga, film Buya Hamka layak ditonton terutama oleh anak-anak muda. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan, sosok Buya Hamka baik sebagai ulama, sastrawan, hingga penjuang bangsa bisa menjadi inspirasi untuk anak-anak muda di Indonesia.

"Baik dari ketokohan beliau (Buya Hamka) sebagai ulama, sastrawan, demikian juga sebagai pejuang bangsa. Beliau bisa menjadi inspirasi untuk anak-anak muda," kata dia seusai menghadiri screening film Buya Hamka di Jakarta, Rabu (12/4/2023).

Baca Juga

Bintang kemudian memberikan apresiasi pada film Buya Hamka. Menurut dia, film ini dapat menginspirasi generasi muda bukan hanya dari sisi ketokohan Buya Hamka, tetapi terkait peran suami istri yang saling mendukung dan melengkapi.

"Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya. Film ini layak ditonton terutama oleh anak-anak muda, bisa menjadi inspirasi ketokohan dari Pak Buya Hamka," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pemberdayaan Perempuan era Kabinet Indonesia Bersatu Meutia Farida Hatta menyampaikan bahwa sosok Buya Hamka baik sebagai tokoh agama maupun ilmuwan kaya pengalaman hidup, sehingga ini alasannya film terbagi menjadi tiga bagian. "Filmnya terbagi menjadi tiga karena Buya Hamka itu kaya sekali dengan pengalaman hidup. Sebagai tokoh agama, sebagai ilmuwan, sastrawan, dan Islam itu dibumikan jadi membumi, diamalkan," kata antropolog dari Universitas Indonesia itu.

Film Buya Hamka diangkat dari kisah nyata tokoh ulama sekaligus Pahlawan Nasional Indonesia Buya Hamka. Film tersebut erkisah tentang fase kehidupan Buya Hamka setelah menikah dan menyoroti bagaimana dia sebagai ulama Muhammadiyah menyampaikan dakwah secara santun namun dengan karakter yang tegas dan kuat.

Film ini dijadwalkan tayang sehari lebih awal dari seharusnya yakni 20 April 2023 menjadi 19 April 2023. Sinema ini dibintangi aktor Vino G Bastian yang memerankan tokoh Buya Hamka, kemudian Laudya Chyntia Bella, Anjasmara, Donny Damara, Ayu Laksmi, dan Dessy Ratnasari.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement