Rabu 12 Apr 2023 21:44 WIB

Mandi Air Dingin Setelah Olahraga Punya Manfaat tak Disangka-sangka Bagi Tubuh

Luangkan waktu 10 menit untuk mandi pakai air dingin setelah olahraga intensif.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Qommarria Rostanti
Shower atau pancuran air dingin (ilustrasi). Mandi air dingin sekitar 10 menit setelah berolahraga intensif mendatangkan manfaat yang tak disangka-sangka bagi seseorang.
Foto: www.freepik.com.
Shower atau pancuran air dingin (ilustrasi). Mandi air dingin sekitar 10 menit setelah berolahraga intensif mendatangkan manfaat yang tak disangka-sangka bagi seseorang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mandi air dingin sekitar 10 menit setelah berolahraga intensif mendatangkan manfaat yang tak disangka-sangka bagi seseorang. Belum banyak yang mengetahui, percikan air dingin mengaktifkan saraf vagus yang memperlambat pernapasan dan detak jantung Anda. 

Pelatih bintang Bollywood Akshay Kumar dan Preity Zinta, dr Mickey Mehta, mengatakan, efeknya pada sistem saraf adalah menenangkan, menyejukkan, mendinginkan, dan menyenangkan. Hal tersebut memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti mengurangi peradangan dan nyeri otot, mengurangi ketegangan kardiovaskular, mengurangi aliran darah, dan mengurangi metabolisme jaringan.

Baca Juga

Dilansir laman Indian Express pada Rabu (12/4/2023), dr Mehta mengatakan, peradangan sering kali merupakan efek samping dari olahraga dan latihan keras, serta pemulihan. Jika merasa nyeri, pegal, atau dalam kesakitan, terapi dingin membantu mengurangi peradangan dan nyeri otot.

Paparan dingin menyempitkan pembuluh darah, mengurangi aliran darah, dan meningkatkan produksi adiponektin dalam tubuh. Adiponektin adalah protein yang membantu mengurangi peradangan. Ini juga mengurangi kepekaan terhadap rasa sakit.

 

Dr Mehta menyebut, bantuan dari peradangan memungkinkan memperlambat siklus yang menciptakan radikal bebas. Beberapa peradangan selama latihan itu sehat karena membuat otot Anda lebih kuat dan lebih tangguh. Akibatnya, jika Anda mengatur waktu mandi es atau terapi dingin lainnya untuk dimulai tepat setelah berolahraga, Anda dapat pulih lebih cepat.

Sebagai pedoman umum, terapi es atau dingin selama 20 menit paling efektif pada ketegangan lokal langsung untuk mengurangi pembengkakan, nyeri, dan membantu otot pulih lebih cepat dan menjadi lebih gesit. Perendaman air dingin selama 10 hingga 15 menit atau mandi es, yang melibatkan berendam dalam bak berisi air dingin, bermanfaat bila digunakan sebagai rutinitas pemulihan setelah latihan intensif.

Kemudian, thermogenesis (yang terjadi saat Anda menggigil) menyebabkan peningkatan suhu tubuh yang mempercepat metabolisme. Saat terkena dingin, sel Anda bisa menghasilkan panas dengan membakar lemak. Ini dapat membantu dengan manajemen berat badan yang sehat juga.

Selain itu, terapi dingin meningkatkan suasana hati dan membawa kejernihan mental. Dengan mengubah kimia tubuh dan otak, paparan air dingin meningkatkan produksi neurotransmiter (beta-endorfin, noradrenalin, dan dopamin) yang berhubungan dengan peningkatan kesenangan dan suasana hati. Oleh karena itu, pelepasan bahan kimia otak selama terapi air dingin terkait dengan suasana hati yang lebih bahagia.

Di sisi lain, Anda semua tahu bahwa mandi sebelum tidur membantu rileks. Mandi air dingin sebelum tidur membantu menurunkan suhu inti tubuh,yang bisa lebih baik untuk tidur nyenyak.

Sebuah penelitian di Belanda menemukan bahwa tidur dengan suhu inti tubuh yang lebih rendah menggandakan waktu dalam tidur restoratif terdalam. Itu membawa ketenangan.

Meningkatnya paparan dingin dianggap meningkatkan adrenalin yang pada gilirannya meningkatkan kapasitas sistem kekebalan tubuh. Tubuh Anda mengaktifkan sel darah putih, yang melawan penyakit lebih cepat saat terkena suhu dingin.

Dr Mehta mengatakan, sistem kekebalan tubuh dapat memproduksi tentara penangkal infeksi tambahan seperti sel-T dan antibodi, akibat paparan dingin. Teknik perendaman dingin yang teratur dan berulang juga memulai proses regeneratif yang menghancurkan sel-sel mati.

Seseorang harus memperhatikan beberapa hal sebelum memulai dengan terapi dingin. Yang pertama, mulailah dengan lambat dengan mengakhiri mandi air panas Anda dengan aliran air dingin selama 30 detik. Ini dapat memiliki efek kesehatan yang mendalam.

Kedua, berenang di air yang sangat dingin menyedot panas tubuh sehingga lengan dan kaki menjadi lebih lemah. Jangan melompat ke dalam air dingin. Arungi dengan perlahan dan berikan waktu untuk menyesuaikan suhu tubuh.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement