Sabtu 22 Apr 2023 12:50 WIB

Anak Dapat Angpau, Latih Kelola Keuangannya dengan Pendekatan Kognitif

Anak perlu tahu, uang bisa dijadikan alat transaksi, ditabung, bisa diputar kembali.

Anak menabungkan uang yang didapatnya sebagai tunjangan hari raya (THR). (Ilustrasi)
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Anak menabungkan uang yang didapatnya sebagai tunjangan hari raya (THR). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog perkembangan anak, remaja, dan pendidikan T Novi Poespita Candra mengatakan anak bisa dilatih untuk mengelola keuangannya sendiri. Salah satunya dengan pendekatan kognitif seperti diskusi.

"Mendiskusikan dahulu mengapa jika kita punya uang harus dikelola dengan baik. Apa manfaatnya jika mereka bisa mengelola," ucap Novi kepada Antara, dikutip Sabtu (22/4/2023).

Baca Juga

Psikolog lulusan Universitas Gajah Mada (UGM) ini menjelaskan, dengan pendekatan kognitif, orang tua dapat menumbuhkan pemahaman pada anak mengenai pentingnya mengelola uang yang mereka miliki. Misalnya, ketika mendapat angpau alias uang Tunjangan Hari Raya (THR).

Selain itu, orang tua juga bisa memberikan edukasi dan keterampilan bahwa uang bisa dijadikan alat transaksi, ditabung, dan bisa diputar kembali. Anak juga bisa diajarkan cara mencatat pengeluaran, termasuk dari hasil THR yang ia dapat.

 

"Mungkin mereka diajarkan untuk mencatat,atau merencanakan penggunaan hasil tabungan mereka termasuk hasil THR mereka," ucap psikolog yang juga penulis buku pendidikan ini.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement