Rabu 05 Apr 2023 21:00 WIB

Mengapa Orang Bisa Terbuai Praktik Penggandaan Uang?

Praktik penggandaan uang tampaknya masih memikat bagi sebagian orang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim merilis pembongkaran kasus penipuan berkedok penggandaan uang. Ada beragam kisah pilu para korban penipuan yang telah diberitakan dan dapat menjadi pelajaran.
Foto:

Bila diri sendiri yang merasa tertarik dengan praktik penggandaan uang, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan agar tak terjerumus. Salah satu di antaranya adalah menjaga keseimbangan pemasukan dan pengeluaran serta memperbaiki pengelolaan keuangan pribadi.

Menurut Sani, pemasukan dan pengeluaran paling tidak harus seimbang. Selain itu, tumbuhkan pola pikir bahwa uang harus didapatkan melalui kerja.

Ada banyak bentuk pekerjaan yang bisa dilakukan, mulai dari pekerjaan kasar hingga halus. Artinya, tak ada alasan bagi orang untuk hanya bermalas-malasan, menjadi pemilih, atau hanya menunggu datangnya peluang kerja untuk mendapatkan uang.

"Harus mau bekerja apa saja, yang penting bisa mendapatkan uang dengan halal dan tidak melanggar hukum serta aturan yang berlaku," ujar Sani.

Bila merasa diri sendiri mulai tergiur dengan iming-iming penggandaan uang, Sani juga menganjurkan untuk mencari bantuan dari support system. Support system ini bisa dari keluarga atau orang terdekat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement