Ahad 02 Apr 2023 13:16 WIB

Langkah-langkah Membangun Rumah Tumbuh

Pembangunan yang bertahap, sesuai kebutuhan dan ketersediaan biaya.

Konsep rumah tumbuh memiliki manfaat yang memungkinkan rumah untuk dikembangkan seiring waktu, menyesuaikan fungsi ruangan sesuai dengan kebutuhan Anda./ilustrasi
Foto: dok Delution
Konsep rumah tumbuh memiliki manfaat yang memungkinkan rumah untuk dikembangkan seiring waktu, menyesuaikan fungsi ruangan sesuai dengan kebutuhan Anda./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Untuk mewujudkan rumah impian tentu bukan hal mudah. Namun, itu bukan berarti mustahil. Demi rumah impian, ada konsep rumah tumbuh yang dapat diterapkan. 

Ini dapat menjadi pilihan bagi Anda yang ingin membangun rumah impian secara bertahap dan berdasarkan dana yang dimiliki. Konsep rumah tumbuh memiliki manfaat yang memungkinkan rumah untuk dikembangkan seiring waktu, menyesuaikan fungsi ruangan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga

Sebelum memulai pembangunan, langkah terbaik adalah melakukan konsultasi dan diskusi kepada ahli. Tahap ini sangatlah penting guna menghasilkan konsep rumah tumbuh yang optimal dan dapat mengakomodir keinginan pemilik rumah, serta membuat proses pembangunan bertahap jadi lebih terencana.

Ketika melakukan konsultasi, satu hal yang perlu diperhatikan adalah membuat cetak biru (blueprint) sebagai landasan dalam membangun rumah tumbuh. Gunanya untuk memastikan ketersediaan ruang dan kekuatan bangunan. 

Blueprint juga dapat memudahkan proses penambahan bangunan rumah tumbuh dan menjadi pegangan kontraktor atau mandor yang mengerjakan. Selain itu, penting juga untuk melakukan survey kondisi rumah sebelum pengerjaan dimulai untuk mengestimasi segala kebutuhan dan biaya.

“Pembangunan yang bertahap, sesuai kebutuhan dan ketersediaan biaya memang lebih praktikal, dan saat ini sering dijadikan pilihan. Untuk menghadirkan lebih banyak kepraktisan bagi pemilik rumah tumbuh, Gravel menyediakan layanan survey dan layanan tukang borongan. Kedua layanan ini bisa mengakomodir dan mempermudah pemilik rumah ketika ingin melanjutkan pembangunan rumah tumbuh mereka,'' kata Fredy Yanto, Co-Founder dan CPO Gravel dalam siaran pers, Ahad (2/4/2023).

Layanan survey Gravel dilakukan oleh tim surveyor ahli dan berpengalaman. Setelah cek kondisi rumah, surveyor akan memberikan laporan kondisi rumah, bahan material yang dibutuhkan, jenis dan jumlah tukang yang dibutuhkan, hingga estimasi biayanya. Untuk pengerjaannya, jika tidak ingin menggunakan tukang harian, pemilik rumah tumbuh dapat menggunakan jasa borongan dimana tukang dan materialnya Gravel yang menyediakan. Kedua layanan ini dapat menjadi solusi mudah bagi Anda yang memiliki rencana membangun rumah tumbuh.

 

sumber : siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement