Ahad 02 Apr 2023 11:05 WIB

Agar Terhindar dari Tontonan 'Sampah' di Netflix, Ini Triknya

Netflix memiliki menu rahasia berisi ratusan judul tersembunyi.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Terkadang halaman Netflix tidak selalu bisa diandalkan dalam memberi rekomendasi tontonan populer./ilustrasi.
Foto: AP Photo/Dan Goodman
Terkadang halaman Netflix tidak selalu bisa diandalkan dalam memberi rekomendasi tontonan populer./ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Sebagian besar pengguna berharap dapat menemukan tontonan berkualitas saat streaming di Netflix. Sayangnya, terkadang halaman Netflix tidak selalu bisa diandalkan dalam memberi rekomendasi tontonan populer.

Sebagai gantinya, ada cara sederhana yang bisa dilakukan adalah memanfaatkan fitur Ekstensi Chrome yang dapat diunduh secara gratis.

Baca Juga

Kemudian tambahkan situs web rating film IMDb dan Rotten Tomatoes ke thumbnail di menu. Cara ini memungkinkan pengguna dapat melihat ulasan jutaan orang terhadap satu film. “Trik ini lebih cepat daripada hanya mengandalkan sistem peninjauan internal Netflix yang didasarkan pada jumlah pelanggan yang menonton setidaknya selama dua menit,” demikian dikutip dari Daily Mail, Ahad (2/4/2023).

Berikut adalah trik sederhana demi tontonan berkualitas di Netflix:

 

Tambahkan rating ke judul

Ekstensi Chrome bisa diunduh secara gratis. Setelah penginstalan, peringkat akan muncul di bagian atas thumbnail yang dapat digunakan untuk membaca ulasan langkap dari situs rating.

Untuk menghilangkan film dengan rating rendah, klik menu ‘Trim’ di samping menu Netflix di komputer, dan pilih 'Filter by’ untuk mengatur preferensi peringkat pengguna.

Menu ‘Trim’ mengaktifkan dan menampilkan tab tambahan untuk kategori Netflix yang tersembunyi, menurut deskripsi ekstensi.

Kita dapat menelusuri genre favorit mereka dengan mengklik menu drop-down secara cepat dan memilih genre favorit.

 

Sembunyikan riwayat tontonan

Ada cara untuk menghapus judul dari riwayat tontonan jika pengguna tidak ingin pasangan atau teman melihatnya. Ini dapat dilakukan dengan mengakses akun Netflix dari browser web.

Buka Profile & Parental Controls untuk profil yang ingin Anda perbarui dan pilih Open Viewing Activity untuk profil tersebut.nDi halaman Aktivitas, klik ikon sembunyikan di samping episode atau judul yang ingin dirahasiakan.

Pengguna juga dapat menyembunyikan bahwa merek menonton sebuah episode tanpa sepengetahuan orang lain, dengan cara memilih ikon lingkaran dengan garis di dalamnya. Perubahan akan memakan waktu hingga 24 jam untuk diterapkan, jadi pastikan memiliki waktu sebelum orang lain mengakses Netflix Anda.

 

Pilih waktu terbaik

Kebanyakan orang membuka Netflix antara pukul 20.00 dan 22.00, yang notabene merupakan waktu bersantai setelah bekerja untuk menikmati acara favorit.

Digital Trends melaporkan tahun lalu bahwa menonton di luar jam sibuk, seperti dini hari dan larut malam, meningkatkan kualitas dan kecepatan video.

Hal ini penting bagi mereka yang membayar lebih untuk paket 4K UHD dan HDR, atau premium yang lebih mahal dari tingkat dasar.

 

Akses menu rahasia Netflix

Raksasa streaming ini juga memiliki menu rahasia berisi ratusan judul tersembunyi yang tidak ada di platform utama. Katalog alternatif dapat diakses menggunakan kode yang terkait dengan genre tertentu, seperti High Brow Horror, Irreverent TV Comedies dan film 90 menit

Ada dua cara untuk mengakses koleksi rahasia. Anda dapat melakukannya dari desktop mana pun dengan mengetik 'netflix.com/browse/genre/' ke dalam URL dan menambahkan kode ID unik.

Alternatifnya, jika menggunakan Netflix di TV, pengguna dapat mengetikkan kode di bilah 'pencarian'. Cara ini tidak berfungsi di ponsel atau tablet. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement