Ahad 02 Apr 2023 02:05 WIB

Dilarang Bawakan Lagu Dewa 19, Once: Saya Bukan Kompetitor Dewa 19

Once hanya akan membawakan satu lagu miik Dewa 19 yaitu Cemburu.

Musisi, Once Mekel
Foto: Republika TV/Muhamad Rifani Wibisono
Musisi, Once Mekel

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyanyi Once Mekel mengatakan bahwa dirinya hanya akan membawakan satu lagu milik Dewa 19 yaitu 'Cemburu' ketika tampil di atas panggung dan menegaskan bahwa hal itu bukan merupakan ancaman bagi eksistensi band tersebut.

"Satu lagu yang saya bawakan itu tidak pernah bisa menandingi Dewa 19. Artinya, band sebesar itu dengan 70 ribu penonton, gimana bisa saya saingi? Saya berpikir satu lagu tidak akan merugikan Dewa 19, apalagi saya membawakan sesuai aturan pembayaran royalti melalui Lembaga Manajemen Kolektif," kata Once saat menggelar jumpa media di kawasan Cilandak Jakarta Selatan, Jumat (31/3/2023).

Baca Juga

Solois bernama lengkap Elfonda Mekel itu menjelaskan hal tersebut terkait polemik yang saat ini terjadi antara dirinya dengan penggawa grup Dewa 19, Ahmad Dhani, yang secara terbuka melayangkan somasi agar Once tidak membawakan lagu-lagu band tersebut sepanjang tahun ini.

Dalam kesempatan tersebut Once juga mengomentari sejumlah informasi yang menyebutkan bahwa dirinya memasang tarif terlalu tinggi kala tampil di konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 di Jakarta International Stadium (JIS), Februari lalu.

"Saya nggak merasa mahal karena saat itu dalam konteks JIS yang dihadiri 70 ribu penonton, saya cuma minta dibayar dua kali lipat dari biasanya. Apa itu kemahalan? Tidak. Mungkin Mas Dhani dengar informasi dari sumber lain, namun saya pikir nggak seperti itu," terangnya.

Ia menambahkan bahwa dirinya juga tidak meminta royalti, semisal dari setiap penjualan satu tiket yang bisa saja dilakukan oleh siapa pun penampil kala itu. "Tapi saya tidak melakukan itu, hanya berupa bayaran flat. Artinya, ketika penonton ternyata bertambah banyak pun saya nggak dapat tambahan apa-apa. Belum lagi dari iklan dan sebagainya. Jadi, tolong dipahami bahwa balance-nya hanya dua kali lipat dan relatif nggak berlebih-lebihan. Dari pihak event organizer Redline juga nggak ada keluhan dan menganggap itu wajar," paparnya.

Lebih lanjut Once menegaskan dirinya tidak terobsesi menjadi penyanyi dengan tarif termahal di Indonesia. Baginya, karya yang mendapatkan tempat di hati pendengar adalah segalanya. 

"Saya hanya ingin suara saya dinikmati semua orang dan punya arti buat mereka. Dalam karier solo, saya beruntung dan merasa puas bermain di kalangan penggemar sendiri yang mencintai karya saya serta datang ke konser. Cuma, memang dalam kenyataannya ada mekanisme ekonomi bisnis yang harus diseimbangkan," kata Once.

 

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement