Sabtu 01 Apr 2023 08:15 WIB

Tak Kunjung Hamil, Kapan Waktu Tepat Datang ke Dokter Spesialis Kesuburan?

Wanita berusia 35 tahun ke atas biasanya mengalami penurunan jumlah sel telur.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Hasil tes kehamilan negatif (ilustrasi). Seseorang mungkin tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk menemui spesialis kesuburan.
Foto: www.freepik.com
Hasil tes kehamilan negatif (ilustrasi). Seseorang mungkin tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk menemui spesialis kesuburan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sebagian orang mengalami kesulitan hamil atau memiliki masalah ketidaksuburan. Namun terkadang, seseorang mungkin tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk menemui spesialis kesuburan.

Berikut ini saat yang tepat Anda harus mengunjungi spesialis fertilitas seperti dilansir dari laman Doctor Ndtv, beberapa waktu lalu:

Baca Juga

1. Menderita sindrom ovarium polikistik (PCOS)

PCOS adalah penyebab utama ketidaksuburan pada wanita. Ini adalah gangguan hormonal yang memengaruhi kemampuan wanita untuk berovulasi dalam interval yang teratur. Jika seorang wanita tidak berovulasi secara teratur, dia akan mengalami menstruasi yang tidak teratur dan kehamilannya menjadi sulit.

 

PCOS dapat diobati dalam waktu singkat dengan perubahan gaya hidup dan obat oral atau suntik yang membantu pembuahan. Oleh karena itu, jika Anda mengalami menstruasi yang tidak teratur, inilah saatnya Anda mengunjungi spesialis kesuburan Anda.

2. Menderita endometriosis

Endometriosis adalah suatu kondisi yang terjadi ketika jaringan yang biasanya melapisi rahim tumbuh di tempat lain seperti ovarium, saluran tuba, dan rongga panggul lainnya. Ini akan menyebabkan menstruasi yang menyakitkan, pendarahan ringan sebelum atau sesudah menstruasi yang tepat dan bahkan hubungan seksual yang menyakitkan. Spesialis kesuburan Anda dapat memandu Anda dalam perawatan yang mungkin juga termasuk pembedahan.

3. Mengalami kerusakan kelenjar tiroid

Satu dari delapan wanita mengalami masalah tiroid dalam masa hidup mereka, dan hingga 60 persen wanita dengan masalah tiroid tidak menyadari kondisinya. Salah satu gangguan tiroid yang paling umum adalah hipotiroidisme. Kadar hormon tiroid yang rendah atau TSH yang tinggi dapat menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur yang dapat memengaruhi ovulasi. Kondisi ini dikelola dengan baik dengan pengobatan sederhana, oleh karena itu, disarankan untuk mengunjungi spesialis kesuburan tepat waktu.

4. Berusia di atas 35 tahun dan sedang mencoba untuk hamil

Seorang wanita dilahirkan dengan kumpulan sel telur tetap. Terkadang, sel telur tersebut berkurang secara drastis setelah usia 35 tahun. Pada usia ini selalu baik untuk menemui spesialis kesuburan. Spesialis kesuburan Anda akan memeriksa cadangan sel telur Anda dan memberikan panduan yang sesuai.

5. Belum kunjung hamil pada usia 35 tahun

Jika Anda berusia kurang dari 35 tahun dan telah mencoba tanpa hasil selama lebih dari setahun, sebaiknya minta pendapat ahli kesuburan. Spesialis Anda akan memeriksa cadangan sel telur, tabung, dan sperma pasangan Anda, antara lain. Ini akan membantu dalam menentukan tindakan di masa depan.

6. Kualitas sperma rendah

Jika jumlah atau kualitas sperma yang rendah terdiagnosis, yang terbaik adalah memulai pengobatan di bawah bimbingan seorang ahli.

7. Berusia di atas 40 tahun

Pada masa sekarang dengan teknologi canggih, sama amannya untuk hamil setelah usia 40 tahun. Namun, jalan menuju sukses lebih menanjak dan konsultasi tepat waktu sangat penting untuk hamil.

Penuaan memengaruhi produksi telur dan kualitas telur. Penurunan kualitas telur atau jumlah sel telur membuat wanita rentan terhadap risiko keguguran.

Oleh karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk mendiskusikan dan memahami risikonya dan mendapatkan pandangan tentang kondisi kesehatan Anda serta pilihan yang tepat untuk konsepsi dini.

8. Kanker

Terlepas dari kondisi yang disebutkan di atas, jika Anda pernah didiagnosis menderita kanker, atau jika Anda mengalami beberapa kali keguguran, ini saatnya Anda mengunjungi spesialis kesuburan. Dokter dapat memandu Anda dalam perjalanan menuju kebahagiaan dan kepuasan dengan kehidupan baru.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement