Jumat 31 Mar 2023 01:21 WIB

Ciri-Ciri Diabetes Anak: Leher dan Ketiak Hitam, Segera Periksakan Kadar Gula Darahnya

Waspada diabetes jika leher dan ketiak anak tampak hitam.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Anak sakit (ilustrasi). Hampir 75 persen anak dengan diabetes tipe 2 memiliki akantosis nigrikans, yakni area kulit yang gelap di leher atau ketiak.
Foto:

Namun, lanjut Prof Aman, bila anak gemuk dengan akantosis nigrikans, dia berarti resistensi insulin. Sebaiknya, lakukan sejumlah pemeriksaan, yaitu gula darah puasa, gula darah dua jam setelah konsumsi glukosa 75 gram, dan HbA1c.

"Kalau dia ternyata sudah mulai insulin resisten dan OGGT-nya terganggu, tapi dia belum diabetes, ini sudah harus diterapi, namanya pradiabetes pada dewasa, bisa dikasih metformin ini, jadi jangan jadi diabetes, tapi dengan syarat berat badannya diturunkan," ungkapnya.

Prof Aman menyerukan agar orang tua lebih peka mengenai kesehatan anaknya. Jangan sampai anak jatuh sakit baru memeriksakannya ke dokter.

"Periksakan kesehatan anak walaupun gejalanya ringan serta sediakan lingkungan dan makanan sehat untuk anak. Perhatikan kandungan gula yang dikonsumsi, jangan melebihi anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement