Rabu 29 Mar 2023 02:00 WIB

Kerap Dianggap Ribet, Ini Pentingnya Pemeriksaan Boarding Pass Oleh Pramugari

Pemeriksaan boarding pass penting dalam penerbangan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Ilustrasi boarding pass. Memeriksa boarding pass sangatlah penting karena ada banyak hal yang bisa terjadi jika petugas tidak berhati-hati.
Ilustrasi boarding pass. Memeriksa boarding pass sangatlah penting karena ada banyak hal yang bisa terjadi jika petugas tidak berhati-hati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang, penumpang merasa kesal ketika pramugari meminta mereka untuk memperlihatkan kembali boarding pass menjelang masuk ke pesawat. Padahal, menurut seorang pramugari, itu merupakan salah satu prosedur untuk memastikan tidak ada kesalahan selama penerbangan.

Dalam catatannya di Sun Online Travel, seorang pramugari menjelaskan bahwa memeriksa boarding pass sangatlah penting karena ada banyak hal yang bisa terjadi jika petugas tidak berhati-hati. Pertama dan terutama, pramugari perlu memastikan apakah Anda tidak salah jadwal penerbangan.

Baca Juga

Meskipun ini adalah informasi yang sangat mendasar, namun menurut pengalaman sang pramugari, banyak orang yang salah mengartikannya. Itu terjadi bukan hanya pada penumpang.

"Saya ingat pernah menunggu seorang wanita paruh baya dengan kursi rodanya untuk penerbangan ke New York, AS. Saya diberi tahu bahwa dia akan ikut dalam penerbangan kami, tetapi dia tidak pernah muncul. Ternyata staf bandara yang bertanggung jawab untuk mendampingi malah membawanya ke ruang tunggu keberangkatan yang salah," kata pramugari tersebut, seperti dilansir The Sun, Selasa (28/3/2023).

Tidak ada yang memeriksa tiketnya dan wanita paruh baya itu akhirnya berada di penerbangan yang salah, mendarat ribuan mil jauhnya di San Francisco. Pramugari dan staf bandara bertugas untuk memeriksa boarding pass untuk berjaga-jaga jika hal serupa terjadi.

"Ini adalah permintaan yang cukup sederhana, tetapi dampaknya krusial karena bisa jadi Anda menghabiskan beberapa beberapa hari untuk kembali dari destinasi yang salah," kata pramugari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement