Senin 27 Mar 2023 22:01 WIB

Anak Juga Bisa Tertular Tuberkulosis, Waspada Jika Batuk Lebih dari Dua Pekan

Tuberkulosis merupakan penyakit menular, bukan keturunan.

Anak sakit (ilustrasi). Waspadai jika anak batuk atau demam dua pekan tanpa sebab yang jelas, berat badannya turun atau tidak bertambah dalam dua bulan, dan anak tidak seaktif biasanya. Itu bisa jadi gejala tuberkulosis.
Foto:

Elisabet mengatakan bahwa TB bisa disembuhkan dengan minum obat teratur dan tuntas. Untuk pengobatan TB ringan, pasien diwajibkan minum obat selama enam bulan dan untuk TBC ekstra paru berat (TB otak, TB tulang) diwajibkan minum obat selama 12 bulan.

"Jangan takut untuk memeriksa kesehatan anak kita, karena saat ini sudah ada obat yang mampu menyembuhkan dengan syarat minum obatnya harus teratur," kata Elisabet.

Jika obat tidak diminum secara teratur, penyakit akan semakin parah karena akan mengakibatkan kuman TBC kebal obat. Alhasil, anak perlu lebih lama lagi minum obat dan lebih sulit pengobatannya.

Lebih lanjut, Elisabet mengatakan untuk mencegah TBC, sebaiknya  anak mendapatkan vaksin BCG. Vaksin memperkecil risiko, bukan meniadakan kemungkinan tertular tuberkulosis.

"Walaupun sudah diberi vaksin BCG memang masih ada kemungkinan tertular, apabila anak sudah tertular TB yang sudah berat sehingga faktor ini memengaruhi keberhasilan vaksinasi. Namun dengan vaksin ini juga merupakan salah satu pencegahan untuk dapat menghindarkan anak Anda dari kondisi tersebut," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement