Selasa 21 Mar 2023 19:50 WIB

Dibuat Semirip Mungkin Buya Hamka, Biaya 'Make Up' Vino G Bastian Capai Rp 3 Miliar

Vino sempat merasa kesulitan ketika memerankan tokoh Buya Hamka.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Aktor Vino G Bastian memerankan sosok Buya Hamka di film biografi Buya Hamka.
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Aktor Vino G Bastian memerankan sosok Buya Hamka di film biografi Buya Hamka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perjalanan hidup dan kiprah sosok ulama kenamaan Indonesia, Buya Hamka, segera hadir dalam film layar lebar berjudul Buya Hamka. Aktor Vino G Bastian yang memerankan Buya Hamka dalam film itu mengaku terkejut ketika pertama kali didapuk untuk memerankan sosok tersebut.

"Sebenarnya kaget begitu pertama ditawarin, apalagi ini produksi yang sangat besar antara dua rumah produksi besar di Indonesia," ujar Vino pada pemutaran terbatas film Buya Hamka bersama Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin di Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga

Film Buya Hamka merupakan sinema besutan Falcon Pictures bersama Starvision, dengan jadwal tayang di bioskop pada 20 April 2023. Vino bercerita, semula dia berjumpa dengan sang sutradara, Fajar Bustomi, untuk membicarakan mengenai peran.

Saat membaca draf naskah yang ada, Vino mengaku sangat terharu. Selama ini, Vino mengetahui sepak terjang Buya Hamka, tetapi belum mengetahui detail perjuangan sosok tersebut. Vino pun mendapat salah satu buku karya Buya Hamka dari Fajar.

Buku tersebut berjudul Akhlaqul Karimah, yang semakin membuat Vino kian terkesan dengan sosok Buya Hamka. Menurut Vino, buku itu tidak hanya ditujukan untuk Muslim, tetapi semua orang dengan latar belakang berbeda bisa mengambil manfaat dan hikmah darinya.

Tantangan besar memerankan sosok Buya Hamka dialami Vino selama proses penggarapan film. Selain membaca karya-karya Buya Hamka, sebagai persiapan, Vino juga berjumpa dengan keluarga beliau. Vino cukup merasa kesulitan sebab tidak ada footage tentang Buya Hamka selain saat sedang menyampaikan ceramah.

"Tidak mudah memerankan Buya Hamka, bukan cuma tantangan sebagai aktor, tapi ini juga kewajiban saya sebagai Muslim. Menyampaikan Islam yang sebenarnya, rahmatan lil 'alamin, untuk seluruh alam," ujar Vino.

Proses penggarapan film Buya Hamka menghabiskan waktu selama sembilan tahun dengan biaya produksi sangat besar. Sutradara film, Fajar Bustomi, tidak menyebutkan nominal biaya itu, namun mengatakan biaya riset film mencapai Rp 1 miliar dengan biaya make up Vino untuk menyerupai Buya sebesar Rp 3 miliar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement