Selasa 21 Mar 2023 17:54 WIB

Vino G Bastian: Ibu Saya 'Diislamkan' oleh Buya Hamka

Vino G Bastian tak menyangka kini memerankan sosok ulama besar Buya Hamka.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Foto Vino G Bastian saat berperan sebagai Buya Hamka di film Buya Hamka. Saat terlibat di film ini, Vino terkenang almarhumah sang ibu. Pasalnya, proses mualaf sang ibu dipandu oleh Buya Hamka (ilustrasi)
Foto: Dok Falcon Pictures dan Starvision
Foto Vino G Bastian saat berperan sebagai Buya Hamka di film Buya Hamka. Saat terlibat di film ini, Vino terkenang almarhumah sang ibu. Pasalnya, proses mualaf sang ibu dipandu oleh Buya Hamka (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktor Vino G Bastian memerankan sosok ulama kenamaan Indonesia Buya Hamka di film biografi terbaru berjudul Buya Hamka. Selama terlibat dalam proyek film besutan Starvision dan Falcon Pictures itu, Vino mengaku terkenang almarhumah ibundanya.

Pasalnya, proses sang ibunda menjadi mualaf dahulu dipandu oleh Buya Hamka. Vino menceritakan hal tersebut pada pemutaran terbatas film Buya Hamka bersama Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin di XXI Epicentrum, Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga

"Dulu ibu saya Minahasa, ayah saya Padang. Ketika beliau menikah, dibawa ke Buya untuk 'diislamkan' Buya. Seperti ibu cerita, ternyata sekarang saya memerankan sosok beliau (Buya Hamka). Ini kebanggaan dan kehormatan buat saya," kata Vino.

Disampaikan Vino, tentunya itu tidak masuk dalam jalan cerita, namun menjadi hal yang membuatnya terkait dengan sosok Buya Hamka. Ibundanya yang sudah tutup usia tidak bisa menonton film tersebut, namun penonton Indonesia lintas generasi bisa menikmatinya.

Vino menyebut Buya Hamka sebagai sosok luar biasa. Tidak hanya sebagai ulama kenamaan yang diakui di dalam negeri hingga mendunia, Buya Hamka yang ditetapkan jadi pahlawan nasional juga sosok jurnalis dan sastrawan yang buku-bukunya amat terkenal.

Menurut Vino, karya-karya Buya Hamka sangat universal, tidak hanya bisa dinikmati umat Islam tapi seluruh umat. Begitu pula film biografinya nanti yang akan tayang pada 20 April 2023. Vino yakin film Buya Hamka bisa memberikan pelajaran dan tuntunan bagi semua orang.

"Ini kesempatan untuk memberitahukan cerita tentang seorang tokoh Indonesia yang luar biasa. Masak kita tidak mau menceritakan tokoh sebesar ini, saat era film Indonesia sudah maju. Mudah-mudahan bisa jadi kebanggaan orang Indonesia bisa punya film seperti ini," ujar Vino.

Film Buya Hamka disutradarai oleh Fajar Bustomi. Selain Vino, film dibintangi oleh Laudya Chintya Bella, Desy Ratnasari, Donny Damara, Reza Rahadian, Ayu Laksmi, Anjasmara, Marthino Lio, Reybong, Mawar De Jongh, Mathias Muchus, Verdi Solaeman, Teuku Rifnu Wikana, Ben Kasyafani, Wafda Lubis, Ferry Salim, Donny Kesuma, dan Cok Simbara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement