Senin 20 Mar 2023 16:20 WIB

Film yang Semua Karakter Utamanya Tewas di Akhir Cerita

Tidak ada yang begitu antiklimaks kecuali saat semua karakter mati di akhir film.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film The Blair Witch Project. Ini merupakan salah satu film yang seluruh pemeran utamanya tewas di akhir cerita. (ilustrasi)
Foto: Artisan Entertainment
Salah satu adegan dalam film The Blair Witch Project. Ini merupakan salah satu film yang seluruh pemeran utamanya tewas di akhir cerita. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film menjadi salah satu bentuk hiburan mengasyikkan. Satu-satunya pengecualian yang dapat merusak kenikmatan penonton terhadap sebuah film adalah ending atau akhir cerita.

Akhir film menandai titik dalam cerita di mana segala sesuatunya mencapai resolusi atau perubahan total. Rasanya tidak ada yang begitu antiklimaks kecuali saat semua karakter mati di akhir film. Berikut daftar film dengan ending semua pemainnya meninggal, seperti dilansir laman Movie Web pada Jumat (17/3/2023).

Baca Juga

1. The Thing

photo
Salah satu adegan di film The Thing. - (Universal Pictures)

 

The Thing adalah makhluk asing pengubah bentuk yang menyerang sekelompok peneliti di sebuah pangkalan di Antartika. Parasit ini mengambil bentuk organisme inangnya, menyebabkan paranoia dan ketidakpercayaan di antara kelompok tersebut.

Peneliti mencoba untuk mengendalikan potensi bentuk kehidupan agar tidak menjadi spesies invasif, tetapi mereka tidak dapat menahannya. The Thing menyabotase peralatan dan segala cara untuk melarikan diri. Dalam upaya terakhir, pilot helikopter RJ MacReady (Kurt Russell) meledakkan pangkalan itu, membuat dia dan kepala mekanik Childs (Keith David) berakhir dengan kematian.

2. The Hateful Eight

photo
Film The Hateful Eight - (The Weinstein Company)

 

Film The Hateful Eight mengambil latar pasca-Perang Saudara di Wyoming, di mana delapan orang asing mencari perlindungan dari badai salju. Film ini disutradarai oleh Quentin Tarantino fokus pada pembunuh bayaran sekaligus veteran Uni Afrika-Amerika, Mayor Marquis Warren (Samuel L Jackson), yang mengarang sebuah surat yang diklaim ditulis oleh Presiden Abraham Lincoln agar orang kulit putih tunduk kepadanya. Ketegangan kriminal, politik, dan rasial meningkat di antara delapan orang tersebut hingga kebohongan itu membuat mereka berselisih, dan semua orang harus berakhir dengan kematian.

3. The Cabin In The Woods (2011)

photo
Film Cabin in the Woods. - (Mutant Enemy Productions)

 

The Cabin in the Woods adalah komedi horor slasher satire di mana para mahasiswa yang sedang melakukan retret menjadi korban para teknisi dari fasilitas bawah tanah di kabin mereka. Para teknisi melepaskan monster dan memanipulasi lingkungan, termasuk kabin, untuk meneror kelompok tersebut demi sebuah ritual pengorbanan.

Para mahasiswa yang masih hidup menuruni lift tersembunyi dan masuk ke dalam laboratorium yang menampung semua makhluk tersebut. Namun keputusan tersebut membuat para Ancient Ones dan Direktur mereka tidak senang, yang akan membawa akhir dunia.

4. The Blair Witch Project (1999)

 
photo
Salah satu adegan dalam film The Blair Witch Project - ()

 

The Blair Witch Project adalah film supernatural dengan format found footage yang berkisah tentang tiga siswa yang menyelidiki legenda urban Blair Witch. Mereka melakukan perjalanan ke Black Hills dekat Burkittsville, Maryland, di mana penduduk setempat memperingatkan mereka tentang penculikan, pembunuhan, dan kejadian-kejadian aneh.

Lalu ketiga siswa itu betul-betul diganggu oleh berbagai kejadian aneh, hingga mereka menyadari telah terjebak dalam lingkaran waktu hutan (forest time loop). Kemudian, anggota yang tersisa mengikuti jeritan teman mereka yang telah meninggal di dalam ruang bawah tanah dari rumah yang ditinggalkan, di mana kekuatan misterius menyerang mereka.

5. Sunshine (2007)

photo
Salah satu adegan film Sunshine. - (Fox Searchlight Pictures)

 

Sunshine mengisahkan sekelompok astronaut yang ditugaskan untuk menyalakan kembali matahari yang sedang sekarat. Mereka melakukan perjalanan untuk menembakkan bom nuklir ke Matahari. Pesawat ruang angkasa mereka menangkap sinyal dari muatan sebelumnya yang gagal dalam misinya. Saat merapat ke kapal tersebut, mereka menemukan para kru yang mati terbakar Matahari.

Kedua kapal tersebut terputus, menyebabkan kebocoran pada airlock dan menempatkan tim dalam bahaya. Mereka mengetahui bahwa terputusnya hubungan itu disebabkan oleh anggota kru yang masih hidup yang hampir menyabotase bom. Seorang astronaut menyelamatkan misi dengan melayang ke matahari.

Selain kelima film tersebut, ada juga deretan film lain yang memiliki akhir mengenaskan di mana semua karakter meninggal. Film yang dimaksud meliputi Rogue One: A Star Wars Story, Knowing, Dawn Of The Dead, Cloverfield, dan Beneath the Planet of the Apes.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement