Ahad 19 Mar 2023 15:42 WIB

Tips Cerdas Berkemas Ketika Traveling, Bisa Hemat Ruang Banyak

Saat traveling, hal buruk yang sering terjadi adalah koper melebihi berat maksimum.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Barang bawaan (ilustrasi). Ada beberapa tips berkemas yang bisa Anda ikuti ketika traveling.
Foto: www.freepik.com
Barang bawaan (ilustrasi). Ada beberapa tips berkemas yang bisa Anda ikuti ketika traveling.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berkemas mungkin menjadi hal paling rumit ketika hendak traveling. Meskipun sudah melipat hingga menjejalkan barang-barang, namun rasanya kerap masih tidak pas dan masih ada rasa khawatir ada barang yang tertinggal.

Kabar baiknya, beberapa ahli memberi tahu trik hemat ruang terbaik untuk meringankan masalah berkemas. Dilansir laman Best Life beberapa waktu lalu, berikut lima trik unik mengatasi masalah berkemas saat bepergian:

Baca Juga

1. Buat daftar kemas yang disesuaikan

Hal terburuk yang sering terjadi adalah harus memeriksa tas dan dikenai biaya hanya karena koper kelebihan batas berat beberapa kilogram. Untungnya, satu pengguna Reddit menemukan solusi dengan LighterPack.

Ini merupakan laman situs gratis yang membantu memvisualisasikan daftar kemas. Caranya, masukkan berat dan kuantitas setiap item (diatur berdasarkan kategori) dan buat grafik yang menunjukkan dengan tepat apa yang membebani. Bahkan dapat mengonversi dari pound ke kilogram dalam satu klik, yang memudahkan saat bepergian dengan maskapai internasional.

2. Susun pakaian berdasarkan kategori

Terkadang mengemas dengan cerdas bukan tentang menghemat ruang, tetapi lebih banyak tentang menghemat waktu yang berharga. Kotak pengepakan atau pengatur lainnya dapat membantu menyortir barang dengan cepat, tanpa meninggalkan tumpukan pakaian yang berantakan di lantai.

“Pada dasarnya, itu adalah laci saya saat bepergian,” tulis pengguna Reddit @mug3n. Dengan kubus pengepakan, itu ia dapat memilah barang mana yang dapat dibawa dan barang mana yang lebih baik ditinggalkan di rumah.

3. Cuci pakaian dengan sampo

Jika akan melakukan perjalanan panjang (atau perjalanan dengan banyak aktivitas luar ruangan yang kotor), tidak dapat dihindari fakta bahwa pakaian perlu dicuci. Untuk menghindari menyeret bak deterjen, pengguna Reddit @plaid-knight menyarankan untuk menggantinya dengan sampo saat mandi.

Dia merekomendasikan untuk memiliih baju dan kaus kaki dari kain tahan bau seperti wol merino. “Kaus kaki dan T-shirt saya terbuat dari wol merino dan dapat dipakai berulang selama berhari-hari tanpa bau,” kata dia. Kiat jenius lainnya, bawalah pakaian dalam berenda, yang dapat mengering sendiri dalam hitungan menit.

4. Kenakan sabuk uang

Ini mungkin tampak seperti barang yang tidak perlu, tetapi sabuk uang sepadan dengan ketenangan pikiran. Pengguna Reddit @FrantaB mengatakan, banyak orang tidak tahan menggunakan ini, namun dirinya masih menggunakan sabuk uang tersembunyi ke mana pun ia bepergian.

Ini mungkin sedikit klise, tetapi sabuk uang ringan yang dapat dikenakan di pesawat, tidak memakan ruang ekstra di bagasi. Selain itu, ini akan terasa lebih aman karena kartu kredit dan dokumen akan aman dari pencopetan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement