Sabtu 18 Mar 2023 21:00 WIB

Penderita Diabetes Boleh Makan Es Krim, Asal Penuhi 'Syarat' Berikut Ini

Menderita diabetes bukan berarti Anda tidak boleh makan es krim sama sekali.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Es krim (ilustrasi). Penderita diabetes boleh makan es krim, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.
Foto: www.freepik.com
Es krim (ilustrasi). Penderita diabetes boleh makan es krim, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang ahli diet, Josten Fish, mengatakan seorang penderita diabetes (diabetesi) boleh mengonsumsi es krim sesekali. Namun, perlu diperhatikan jenis es krim yang hendak dikonsumsi.

 

Baca Juga

Dilansir laman Eating Well beberapa waktu lalu, Anda disarankan memilih es krim yang lebih rendah gula dan karbohidrat tambahan karena memengaruhi gula darah. Beberapa merek mempermanis produk mereka dengan pemanis nonnutrisi, seperti erythritol atau stevia. Meskipun pemanis alternatif ini tidak akan meningkatkan kadar gula darah seperti gula biasa, pemanis tersebut dapat menyebabkan masalah pencernaan pada beberapa orang. 

Ide bagus lainnya adalah memilih es krim dengan tambahan seperti kacang-kacangan yang kaya protein, serat, dan lemak sehat. Semua bahan itu dapat memperlambat waktu penyerapan dan mengurangi lonjakan gula darah.

Parameter nutrisi yang sesuai untuk penderita diabetes adalah tetap berpegang pada ukuran porsi dengan kalori di bawah 225 dan tidak lebih dari dua gram lemak jenuh, 360 miligram sodium, dan 30 gram karbohidrat. Namun, karena es krim lebih tinggi lemak jenuhnya, Anda dapat mencari es krim dengan tiga gram atau kurang per sajian.

Batasi rasa es krim dengan sumber tambahan gula tambahan seperti karamel dan marshmallow. Tetapi jika karamel asin adalah salah satu rasa favorit Anda, pilihlah ukuran kecil.

Jika telah didiagnosis menderita diabetes, Anda harus fokus pada makanan rendah karbohidrat dan rendah gula, tetapi itu tidak berarti Anda harus melepaskan es krim. Berikut adalah beberapa tip yang disetujui ahli diet untuk memasukkan es krim dalam diet yang sesuai untuk diabetes:

1. Pasangkan es krim Anda dengan protein

Meskipun es krim mengandung beberapa protein, meningkatkan kandungan proteinnya memperlambat pencernaan dan penyerapan gula. "Akan lebih baik bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi es krim bersama dengan sumber protein yang baik," kata Fish. Kadar gula darah akan lebih stabil jika es krim dimakan bersama dengan makanan lain yang mengandung protein dan serat.

2. Nikmati satu porsi

Ambil satu porsi es krim, biasanya setengah cangkir ke dalam mangkuk kecil alih-alih mencoba membuat diri Anda berhenti di tengah gelas.

3. Perhatikan karbohidrat lainnya

Makan lebih sedikit karbohidrat saat makan malam jika Anda akan menikmati es krim sesudahnya. Fish berkata, "Saat memakannya sebagai bagian dari makanan, pastikan untuk memperhitungkan kandungan karbohidrat es krim untuk menjaga jumlah total makanan Anda pada tingkat yang Anda rekomendasikan."

4. Buat es krim sendiri

Jika Anda suka memasak dan membuat kue, Fish merekomendasikan untuk membuat es krim rendah gula di rumah. Dengan begitu, Anda dapat mengontrol tambahan gula atau sumber pemanis.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement