Sabtu 11 Mar 2023 07:17 WIB
Bahaya Minuman Manis

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Es Krim?

Penderita diabetes perlu membatasi makanan dan minuman manis.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Es krim (ilustrasi). Penderita diabetes sesekali boleh memakan es krim, namun ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan.
Foto: www.freepik.com
Es krim (ilustrasi). Penderita diabetes sesekali boleh memakan es krim, namun ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Es krim menjadi salah satu suguhan lezat yang disukai banyak orang. Namun jika Anda menderita diabetes, Anda mungkin bertanya-tanya apakah harus menghindarinya?

Penderita diabetes perlu membatasi makanan dan minuman manis seperti es krim. Tujuannya, untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat.

Baca Juga

Menghindari semua makanan dan minuman manis tidaklah mudah. Dilansir laman Rating Well pada Rabu (8/3/2023), penderita diabetes perlu memperhatikan asupan gula dan karbohidratnya. Meski begitu, masih ada cara yang aman dan sehat untuk menikmati es krim.

Mengonsumsi makanan kaya karbohidrat seperti es krim dapat menjadi tantangan tersendiri bagi penderita diabetes. Pasalnya makanan tersebut dapat menyebabkan lonjakan gula darah.

 

Karbohidrat dipecah menjadi glukosa atau gula dalam tubuh Anda, dan biasanya hormon insulin menjaga kadar gula darah tetap sehat. Orang dengan diabetes tipe 2 menjadi "kebal" terhadap efek insulin.

Seiring waktu, gula darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat (AS), komplikasi terkait diabetes meliputi penyakit jantung, kerusakan saraf, penyakit ginjal, dan masalah penglihatan.

 

Boleh sesekali

Makan terlalu banyak karbohidrat dan gula tambahan tidak sehat bagi siapa pun. Sangat penting bagi penderita diabetes untuk fokus pada makan karbohidrat kompleks yang mencakup serat, vitamin, dan mineral tingkat tinggi. Makanan dengan tambahan gula sederhana seperti es krim masih bisa dinikmati sesekali. Namun Anda perlu memilihnya dengan hati-hati.

"Es krim dapat dimasukkan dalam diet sehat termasuk bagi penderita diabetes, tentunya dengan mempraktikkan kontrol porsi yang baik dan membuat pilihan cerdas pada jenis es krim yang Anda konsumsi," ujar seorang ahli diet terdaftar yang telah menangani pasien komplikasi diabetes, Josten Fish.

Meski ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, es krim bisa dimasukkan ke dalam pola makan sehat meski Anda menderita diabetes. Yang terbaik adalah makan es krim dalam jumlah sedang dan memilih opsi dengan lemak jenuh dan karbohidrat rendah, serta tanpa gula tambahan.

Penting untuk diingat bahwa pola makan sehat sama dengan pola makan menyenangkan. "Menghentikan semua makanan penutup (termasuk es krim) dapat menyebabkan keinginan untuk benar-benar menginginkan lebih banyak makanan penutup," ujar Fish.

Jika Anda menyukai es krim, tidak apa-apa untuk sesekali menikmatinya. Makanlah makanan yang baik untuk diabetes dan ikuti anjuran lain dari dokter seperti cukup olahraga dan tidur.

 

photo
Bahaya pemanis buatan bagi usus. - (republika)

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement