Kamis 16 Mar 2023 13:59 WIB

Filmografi Almarhumah Nani Wijaya, Salah Satu yang Ikonik Jadi Emak Bajuri

Nani Wijaya meninggal dunia di RS Fatmawati pada Kamis (16/3/2023).

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Nani Wijaya. Nani sudah memerankan ratusan film dan serial TV. (ilustrasi)
Foto: Instagram/@cahyakamila88
Nani Wijaya. Nani sudah memerankan ratusan film dan serial TV. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris senior Nani Wijaya meninggal pada Kamis (16/3/2023) pada usia 78 tahun. Dia mengembuskan napas terakhir di RS Fatmawati, Jakarta Selatan pada dini hari. 

Kabar duka tersebut diumumkan melalui akun media sosial Instagram milik anaknya. “Innalillahi wa innailahi wajiun. Telah berpulang ibunda kami tercinta dengan tenang, Ibu Hj Nani Widjaya di RS Fatmawati, 16 Maret 2023 pada pukul 03.28 WIB. Mohon dimaafkan segala kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja,” tulis Cahya Kamila dalam Instagram Story. 

Baca Juga

Nama Nani Wijaya tidak asing lagi di industri film. Selain terkenal dengan perannya sebagai Emak (mertua Bajuri) di serial TV "Bajaj Bajuri" dia sudah memerankan ratusan film dan serial TV. Karirnya dimulai sejak 1960 melalui film Darah Tinggi

Keseriusannya dalam industri film membuat Nani Wijaya mendapat deretan penghargaan. Pada 1978, dia berhasil memenangkan Pemeran Pendukung Wanita Terbaik dalam ajang penghargaan Festival Film Indonesia. Kemenangnya dalam kategori yang sama juga diikuti pada tahun 1983 melalui film R.A. Kartini

 

Sementara itu, pada 1981 dia mendapat nominasi dalam kategori yang sama juga dalam film Bukan Sandiwara, Yang Terlarang Tersayang (1984), dan Selamat Tinggal Jeanette (1988). Pada 2010, Nani mendapat penghargaan Lifetime Achievement Award dalam Festival Film Bandung. Dua tahun setelahnya, berkat film Ummi Aminah, dia mendapat tiga nominasi yakni, Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Pemeran Utama Wanita Terfavorit dalam ajang penghargaan Indonesian Movie Actors Awards. 

Pada tahun yang sama, dia juga mendapat nominasi sebagai Aktris Utama Terpilih dalam Piala Maya. Pada masa usia senja, Nani juga mendapat dua penghargaan dalam kategori Lifetime Achievement Award dalam Indonesian Movie Actors Awards (2021) dan Indonesian Drama Series Awards (2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement