Selasa 14 Mar 2023 18:04 WIB

Meski Sudah Rilis Sejak 2016, Film Downside Up Kini Viral di Tiktok, Ini Penyebabnya

Sinema Downside Up berdurasi 10 menit itu punya cerita unik

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Downside. Video Tiktok tentang ringkasan film pendek Downside Up rilisan 2016 menjadi viral. (ilustrasi)
Foto: A Team Productions
Salah satu adegan dalam film Downside. Video Tiktok tentang ringkasan film pendek Downside Up rilisan 2016 menjadi viral. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Video Tiktok tentang ringkasan film pendek Downside Up rilisan 2016 menjadi viral. Sinema berdurasi 10 menit itu punya cerita unik, sebab menampilkan dunia di mana setiap orang mengidap down syndrome, kecuali satu orang.

Down syndrome merupakan kelainan genetik yang disebabkan ketika pembelahan sel menghasilkan bahan genetik tambahan dari kromosom 21. Pengidapnya biasanya memiliki penampilan wajah yang khas dan punya kebutuhan khusus terkait intelektual serta perkembangan fisik dan mental.

Baca Juga

Secara medis, manusia pada umumnya punya 23 kromosom yang berpasang-pasangan hingga jumlahnya mennjadi 46. Sementara, bagi pengidap down syndrome, kromosom nomor 21 berjumlah tiga (trisomi), sehingga totalnya menjadi 47 kromosom.

Dalam film, karena semua orang di seluruh dunia mengidapnya, kondisi itu tidak dianggap sebagai kecacatan. Eric, satu-satunya orang di dunia yang lahir tanpa down syndrome justru dianggap "tak normal". Film mengisahkan kehidupan Eric dari kecil hingga dewasa.

 

Berbagai tes medis dilakukan pada Eric untuk mencoba mencari tahu mengapa dia "kehilangan" kromosom, bahkan orang tuanya berkeliling dunia untuk mencari obatnya. Pada akhirnya, masyarakat melakukan penyesuaian dan menyediakan sumber daya agar Eric dengan kebutuhan khususnya bisa hidup dengan baik.

Dikutip dari laman Game Rant, Selasa (14/3/2023), film pemenang penghargaan itu disutradarai oleh Peter Ghesquiere dan mendapat banyak ulasan positif. Downside Up dapat ditonton di YouTube, dan tersedia berbayar untuk penyewaan atau pembelian versi high definition (HD) jika diakses lewat layanan streaming Amazon.

Tayangan di Tiktok yang diunggah oleh @sxmoviess menawarkan ringkasan singkat dari film tersebut. Namun, deskripsi video tidak mengungkapkan judul film sehingga banyak pengguna Tiktok yang ingin menontonnya sendiri jadi bertanya-tanya.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement