Selasa 14 Mar 2023 19:06 WIB

Bagaimana Cara Terbaik Mengenali Telur yang Membusuk?

Ada beberapa cara untuk mengenali telur yang sudah membusuk.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Telur ayam. Seperti susu, telur yang disimpan di lemari es pun bisa menjadi busuk.
Foto: Republika/Imas Damayanti
Telur ayam. Seperti susu, telur yang disimpan di lemari es pun bisa menjadi busuk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti bahan makanan lainnya, telur juga bisa membusuk. Ada beberapa cara berbeda yang menyebabkannya membusuk.

Spesialis penyuluh ilmu pangan Dr Don Schaffner, mengatakan seiring waktu, makanan yang telah disimpan di lemari es pun bisa menjadi busuk tanpa harus menimbulkan ancaman kesehatan. Dr. Schaffner memberi contoh klasik susu basi.

Baca Juga

Susu tidak akan berbahaya jika sudah dipasteurisasi. Namun, susu yang sudah cukup lama didiamkan di lemari es pada akhirnya akan berbau tidak enak, tidak terasa enak, dan tidak enak dilihat.

"Hal yang sama berlaku untuk telur," ujar profesor terhormat di Rutgers University di New Jersey, Amerika Serikat ini, dilansir Bon Appetit, Rabu (14/3/2023).

Untuk mengetahui telur sudah busuk atau belum, Anda bisa mencoba metode tes apung yang populer di masyarakat. Untuk melakukannya, Anda butuh semangkuk air.

Masukkan telur ke dalam air. Jika tenggelam, itu berarti telur bagus untuk digunakan, sementara jika mengapung itu tandanya tidak bagus.

Schaffner menjelaskan teorinya adalah seiring bertambahnya usia telur, kantong udara di dalamnya tumbuh lebih besar, mengangkat telur tua ke permukaan. Namun, dia menuturkan tidak ada dasar ilmiah untuk tes apung ini.

Lalu, bagaimana cara terbaiknya? Pembawa acara podcast Food Safety Talk ini menganjurkan untuk memercayai indra Anda.

"Jika telur terlihat berbeda atau baunya sudah lain, itu akan menjadi indikasi bahwa mungkin ada bakteri pembusuk di dalamnya," kata Schaffner.

Telur mungkin mengeluarkan bau belerang atau bau tidak sedap lainnya. Jika Anda menyimpan telur di sebelah fillet ikan, misalnya, telur tersebut pada akhirnya akan mulai berbau amis.

Telur itu tidak akan enak dan harus dibuang. Ini dikarenakan telur dapat menyerap bau dari bagian dalam lemari es.

Selanjutnya, mungkin Anda melihat tanda visual, seperti konsistensi encer pada putih telur, yang secara ilmiah dikenal sebagai albumen, atau perubahan warna. Kontaminasi bakteri dapat menyebabkan albumen berubah warna kehijauan atau warna-warni. Segera buang telur yang sudah berubah warna.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement