Selasa 14 Mar 2023 16:00 WIB

Perempuan Menopause dan Punya Masalah Rahim Dinyatakan Hamil 7 Bulan, Kok Bisa?

Seorang ibu asal India hamil tujuh bulan saat sudah menopause & punya masalah rahim.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Ibu hamil (Ilustrasi). Seorang ibu asal India tidak menyadari kehamilannya karena merasa sudah menopause dan memiliki masalah di rahimnya.
Foto:

Menurut dr Gupta, kesuburan perempuan memang akan menurun secara alami seiring bertambahnya usia hingga mengalami menopause. Artinya, meskipun perempuan cenderung sulit hamil seiring bertambahnya usia, sangat penting untuk terus menggunakan alat kontrasepsi jika masih aktif secara seksual dan tidak ingin mengandung.

Selain itu, perempuan yang pernah mengalami masalah dengan rahim juga masih mungkin hamil. Hal itu diungkap oleh Prasannalatha, dokter spesialis kebidanan dan kandungan senior, di Rumah Sakit Kamineni, Hyderabad, India.

Kelainan rahim dapat berupa rahim septate, di mana rahim terbagi oleh dinding otot atau jaringan ikat fibrosa (septum). Lalu, uterus arkuata yang merupakan bentuk anomali uterus atau variasi di mana rongga rahim menampilkan kontur cekung terhadap fundus.

"Masalah-masalah ini dapat mempersulit sel telur yang telah dibuahi untuk berimplantasi dan tumbuh, tetapi penderitanya bukan tidak mungkin untuk hamil," kata dr Prasannalatha.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement