Rabu 15 Mar 2023 02:00 WIB

Cuka Sari Apel, Betulkah Bisa Bantu Atasi Diabetes Hingga Penyakit Jantung?

Cuka sari apel kerap disebut bermanfaat untuk pengidap diabetes-penyakit jantung.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Sari cuka apel. Penelitian alternatif menunjukkan bahwa cuka apel juga bisa berkontribusi pada penurunan berat badan.
Foto:

Lalu, bagaimana khasiat cuka sari apel untuk kesehatan jantung? Untuk menjawab pertanyaan itu, para peneliti di Harbin Medical University, China, menyelidikinya.

Peneliti tersebut menggunakan model tikus hipertensi. Mereka lalu memberikan cuka sari apel selama delapan pekan dan itu terbukti dapat menurunkan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyebab utama ketegangan pada jantung, yang dapat menyebabkan serangan jantung. Namun, hasil penelitian ini terbatas karena subjeknya hanya tikus, bukan manusia.

Ahli gizi bersertifikat asal Inggris, Nicola Shubrook, mengatakan bahwa cuka sari apel tidak benar-benar mengandung vitamin atau mineral apa pun. Cuka sari apel hanya memiliki sejumlah kecil kalium, kalsium, dan magnesium.

"Namun, cuka sari apel juga mengandung asam amino dan antioksidan," kata dia.

Meskipun mengakui adanya penelitian tentang manfaat kesehatan dari cuka sari apel, namun Shubrook menjelaskan penelitian tentang efek jangka panjangnya masih sangat terbatas. Karenanya, siapa pun yang berjuang dengan masalah kesehatan tertentu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement