Ahad 12 Mar 2023 23:46 WIB
Bahaya Minuman Manis

Pakar Gizi: Konsumsi Gula Maksimal Empat Sendok Makan Per Hari, Makin Sedikit Makin Baik

Batasi konsumsi gula harian.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Aneka minuman kemasan dipajang di rak supermarket. Minuman manis berkontribusi pada tingginya asupan gula masyarakat. Jika berlebih, itu dapat memicu obesitas.
Foto:

Semakin Sedikit, Semakin Baik

Dokter ahli gizi, Tan Shot Yen menjelaskan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI berbeda pendapat mengenai anjuran konsumsi gula. Kemenkes masih toleran dengan menganjurkan konsumsi gula tidak lebih dari 50 gram per hari.

Sementara itu, WHO menganjurkan asupannya kalau bisa kurang dari 25 gram per hari. WHO memberikan limit yang jauh lebih ketat dibandingkan pemerintah Indonesia.

Menurut dr Tan, masyarakat Indonesia suka salah mengerti dengan mengira gula harus dikonsumsi 50 gram. Padahal, semakin sedikit konsumsi gula, maka semakin baik.

"Bukan berarti manusia punya kebutuhan 50 gram atau empat sendok makan. Itu ngerinya bukan main. Itu artinya limit paling atas, bukan berarti itu jumlah gula yang harus kamu penuhi," ujar dr Tan dalam "Talkshow: The Hidden Crisis of Obesity", di Jakarta, Sabtu (4/3/2023).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement