Jumat 10 Mar 2023 14:30 WIB

Makanan Ultraproses Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes Tipe 2, Apa Saja Contohnya?

Mmakanan ultraproses juga bisa tingkatkan risiko kanker usus dan kematian dini.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Es krim (Ilustrasi). Es krim termasuk makanan ultraproses.
Foto:

Diabetes adalah kondisi medis serius yang menyebabkan kadar gula darah seseorang menjadi terlalu tinggi. Tidak diketahui secara pasti apa yang menyebabkan diabetes tipe 1, tetapi tipe 2 sering dikaitkan dengan kelebihan berat badan atau tidak aktif secara fisik.

Diabetes dapat berbahaya dan meningkatkan risiko komplikasi seperti serangan jantung, strok, masalah ginjal, dan kerusakan saraf. Pasien juga rentan terhadap komplikasi akut tertentu seperti ketoasidosis diabetik yang dapat mengancam jiwa.

Penelitian ini muncul setelah penelitian yang diterbitkan pada 2022 dalam British Medical Journal menemukan hubungan antara mengonsumsi makanan ultraproses dan kanker usus. Menurut British Heart Foundation, contoh makanan ultraproses meliputi es krim, ham, sosis, keripik, roti yang diproduksi massal, sereal, biskuit, minuman berkarbonasi, yoghurt rasa buah, sup instan, dan beberapa minuman beralkohol, termasuk wiski serta rum.

Lalu, sebuah studi terpisah, yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine pada tahun 2022, menyimpulkan bahwa makanan ultraproses merupakan penyebab kematian dini yang signifikan di Brasil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement