Kamis 09 Mar 2023 14:15 WIB

Sebelum Nonton, Simak Fakta-Fakta Menarik dalam Film Suzume No Tojimari

Suzume no Tojimari tayang di bioskop Indonesia sejak Rabu (8/3/2023).

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Film Suzume no Tojimari karya Makoto Shinkai yang mulai tayang Rabu (8/3/2023).
Foto: Dok Encore Films Indonesia
Film Suzume no Tojimari karya Makoto Shinkai yang mulai tayang Rabu (8/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suzume no Tojimari merupakan film terbaru Makoto Shinkai yang dirilis di Jepang pada November 2022. Film yang digarap oleh studio CoMix Wave Films ini sudah mulai tayang di Indonesia mulai Rabu (8/3/2023) dengan durasi 122 menit.

Film tersebut menceritakan petualangan remaja perempuan Suzume (17 tahun) dengan lelaki muda Souta. Mereka harus mengelilingi Jepang untuk menutup setiap portal agar bencana tidak datang menimpa warga.

Baca Juga

Sebelum menonton filmnya, yuk simak terlebih dulu fakta-fakta menarik dalam film Suzume No Tojimari:

1.Mengangkat tema bencana gempa bumi

Sejak Kimi No Nawa dirilis pada 2016, Shinkai mulai mengangkat tema bencana alam. Dalam Kimi No Nawa, diperlihatkan komet Tiamat yang akan memusnahkan kampung halaman Mitsuha di Itomori. Namun, berkat Taki, warga Itomori bisa diselamatkan.

Kemudian pada film Tenki No Ko yang muncul pada 2019, Shinkai memperkenalkan hujan lebat yang terus menimpa Tokyo. Cuaca buruk yang terus terjadi membuat aktivitas warga sangat terganggu dan perlahan menenggelamkan Tokyo.

Terkini, pada Suzume no Tojimari, Shinkai mengangkat tema gempa bumi. Bencana yang dihadirkan jika portal tidak ditutup adalah gempa bumi. Shinkai juga mengenalkan insiden gempa bumi dan tsunami Tohoku tahun 2011 yang menimpa kampung halaman Suzume.

2.Inspirasi

Shinkai mengatakan cerita Suzume mendapat inspirasi dari karya Hayao Miyazaki Castle In The Sky (1986). Dia ingin membuat sebuah petualangan saat karakter protagonisnya bepergian ke seluruh pulau Jepang dan membangkitkan perasaan yang mirip dengan pemandangan yang terus berubah dari Laputa Castle In The Sky, menurut Shinkai, dikutip Screen Daily, Kamis (9/3/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement