Rabu 08 Mar 2023 16:19 WIB

Hal Penting yang Harus Diperhatikan Ketika Beli Pakaian Dalam

Menurut dokter, pakaian dalam merupakan area yang pertama kali menerima keringat.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Membeli pakaian dalam (ilustrasi). Setidaknya ada tiga faktor penting yang pelru diperhatikan ketika membeli pakaian dalam.
Foto: www.freepik.com
Membeli pakaian dalam (ilustrasi). Setidaknya ada tiga faktor penting yang pelru diperhatikan ketika membeli pakaian dalam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memilih pakaian dalam menjadi salah satu hal krusial. Jika salah memilih, berbagai masalah kesehatan akan muncul seperti iritasi, jamur, bahkan kanker. Bagaimana kiat memilih pakaian dalam yang tepat?

Dokter Nadia Alaydrus mengatakan, pakaian dalam sangat penting untuk pria dan wanita. Pada wanita, pakaian dalam menjadi lebih penting karena berfungsi melindungi organ vital baik payudara maupun area kewanitaan. Walaupun tidak terlihat, pakaian dalam sangat penting karena berpengaruh pada kesehatan wanita.

Baca Juga

Berikut ini tips memilih pakaian dalam menurut dr Nadia Alaydrus:

1. Bahan nyaman dan menyerap keringat

Dr Nadia menyarankan, untuk memilih pakaian dalam yang nyaman dan menyerap keringat. Ketika nyaman menggunakan pakaian dalam, tentu Anda juga nyaman beraktivitas sehingga lebih bisa berkonsentrasi dan muncul rasa percaya diri.

Bahan yang nyaman dan menyerap keringat ini juga memengaruhi kesehatan. Area pakaian dalam merupakan area yang pertama kali menerima keringat.

"Ini adalah area yang perlu diperhatikan regulasi udaranya karena tertumpuk pakaian lain," ujar dr Nadia dalam acara talkshow UNIQLO LifeWear For Her, di Jakarta, Selasa (7/3/2023).

Dr Nadia mengatakan, di area kewanitaan terdapat lipatan. Lipatan ini menimbulkan keringat lebih banyak seperti ketiak dan selangkangan.

Daerah lipatan akan menimbulkan keringat lebih banyak dan keringat terperangkap dan tercampur bakteri. "Itu bisa tingkatkan bau yang menyengat, jamur, bakteri nanti masalahnya keputihan. Makanya pemilihan innerwear (pakaian dalam) harus benar," ujarnya.

Pemilihan bra yang tepat juga penting. Area bra juga memiliki lipatan. Jika bahan bra tidak menyerap keringat bisa meningkatkan risiko jamur.

Jadi, pilihlah pakaian dalam dengan bahan menyerap keringat. Berikan ruang udara lipatan di sekitar selangkangan dan di sekitar payudara.

2. Ukuran sesuai

Ukuran pakaian dalam juga harus disesuaikan. Jangan terlalu kecil juga jangan terlalu besar. Pakai pakaian dalam sesuai dengan ukuran tubuh.

"Bra harus bisa mendapatkan ukuran yang sesuai kalau terlalu ketat tidak bagus karena bisa meningkatkan risiko kanker," ujarnya.

3. Sesuai kebutuhan

Dr Nadia mengatakan, pilih pakaian dalam sesuai fase perkembangan fisik. Saat menyusui, jangan pakai bra yang tidak diperuntukkan untuk ibu menyusui karena akan kesempitan.

Termasuk untuk olahraga, pilih sport bra yang sesuai. Saat olahrga, gerakan yang dilakukan super cepat sehingga akan kurang nyaman jika pakai bra biasa. Kalau olahraga sebaiknya pilih sport bra yang menyerap keringat dan mampu menopang tubuh saat olahraga.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement