Rabu 08 Mar 2023 04:00 WIB

Bukan Cuma Kafein, Makanan dan Minuman Ini Juga Bisa Picu Insomnia

Kafein bukan satu-satunya minuman penyebab insomnia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Kopi (ilustrasi). Kafein merangsang sistem saraf pusat dengan cara meningkatkan kewaspadaan dan energi sehingga menyebabkan insomnia.
Foto:

3. Alkohol

Garcia menjelaskan, konsumsi alkohol bisa memengaruhi fase tidur nyenyak dan tidur rapid eye movement (REM) dan menyebabkan gangguan tidur. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Korean Journal of Family Medicine pada 2015.

Melalui studi ini, para peserta studi yang sehat diinstruksikan untuk minum alkohol dan kemudian menjalani polisomnografi, tes kesehatan untuk diagnosis gangguan tidur. Hasilnya terlihat bahwa alkohol bisa mengganggu fase tidur REM, di mana biasanya seseorang mencapai fase ini setelah hampir 90 menit tidur.

"Kualitas tidur secara keseluruhan dapat memburuk karena menurunnya jumlah tidur gelombang lambat dan tidur REM. Hal ini sesuai dengan temuan kami bahwa di kalangan pria, minum alkohol menurunkan durasi tidur secara keseluruhan dan meningkatkan gangguan tidur," kata peneliti.

4. Gula

Peningkatan konsumsi gula dan karbohidrat cenderung menyebabkan gangguan tidur pada malam hari. American Academy of Sleep Medicine menyoroti bahwa peningkatan asupan gula dan karbohidrat dikaitkan dengan lebih banyak gairah di malam hari saat tidur.

Adapun jumlah tidur yang direkomendasikan untuk orang dewasa per malam adalah tujuh hingga sembilan jam. Sedangkan anak-anak membutuhkan sembilan hingga 13 jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement