Selasa 07 Mar 2023 18:50 WIB

10 Tanda Umum Demensia, Konsultasi ke Dokter Kalau Anda Rasakan Salah Satunya

Demensia juga dapat memengaruhi orang usia muda.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Demensia frontotemporal, penyakit yang mengusik Bruce Willis. Meski tidak ada obatnya, sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda peringatan sesegera mungkin untuk memastikan orang yang terkena dampak bisa mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan.
Foto:

Perubahan suasana hati dan perilaku

Orang yang hidup dengan demensia dapat menunjukkan berbagai perubahan suasana hati tanpa alasan yang jelas. Dari yang tadinya tenang, orang bisa tiba-tiba merasa sedih atau marah.

Perubahan kepribadian

Perubahan kepribadian yang mencolok mungkin dialami oleh seseorang yang hidup dengan demensia. Mereka dapat menjadi bingung, curiga, atau menarik diri.

photo
Kenali gejala Alzheimer. - (Republika)

Kehilangan inisiatif

Seseorang yang hidup dengan demensia dapat menjadi pasif dan tidak tertarik dengan apapun. Orang tersebut membutuhkan ajakan dan dorongan untuk terlibat aktivitas tertentu.

Punya salah satu dari tanda-tanda tersebut? Alzheimer Society of Canada merekomendasikan untuk menjalani konsultasi dengan dokter.

"Hanya penyedia layanan kesehatan yang memenuhi syarat yang dapat memastikan apakah Anda atau seseorang yang Anda kenal menderita demensia, dan itu harus melalui beberapa penilaian dan tes," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement