Selasa 07 Mar 2023 12:47 WIB

Berkat Retinol, Selebgram Ini Sering Dikira 15 Tahun Lebih Muda

Tidak semua orang dapat menggunakan retinol setiap hari.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang perempuan mencermati aneka produk perawatan wajah. Retinol termasuk produk perawatan kecantikan yang dapat memperbaiki proses pergantian sel kulit.
Foto:

Tips Gunakan Retinol

Pada sebagian besar orang, retinol bisa digunakan setiap hari bila kulit sudah terbiasa, menurut Healthline. Akan tetapi, penggunaan retinol setiap hari atau sering tak direkomendasikan untuk sebagian orang.

Menurut American Academy of Dermatology, salah satu kelompok yang tak disarankan untuk menggunakan retinol setiap hari atau dengan frekuensi yang sering adalah orang-orang dengan alergi kulit. Orang dengan masalah eksim dan rosacea juga tak dianjurkan menggunakan retinol setiap hari.

Penting juga untuk diketahui bahwa ibu hamil dilarang untuk menggunakan retinol. Alasannya, vitamin A bisa memicu kerusakan dan meningkatkan risiko cacat pada janin.

Selain itu, retinol juga dapat memberikan efek kering dan pecah-pecah pada kulit. Karenanya, sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan retinol sebagai salah satu bagian dari ritual perawatan kulit rutin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement