Selasa 07 Mar 2023 12:47 WIB

Berkat Retinol, Selebgram Ini Sering Dikira 15 Tahun Lebih Muda

Tidak semua orang dapat menggunakan retinol setiap hari.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang perempuan mencermati aneka produk perawatan wajah. Retinol termasuk produk perawatan kecantikan yang dapat memperbaiki proses pergantian sel kulit.
Foto: Prayogi/Republika
Seorang perempuan mencermati aneka produk perawatan wajah. Retinol termasuk produk perawatan kecantikan yang dapat memperbaiki proses pergantian sel kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meski sudah berusia hampir 50 tahun, selebgram Michelle Silva sering kali dikira masih berusia 30-an. Kepada 60 ribu pengikutnya di Instagram, Silva tak segan membagikan rahasia tampilan awet mudanya.

"Apakah kalian ingin tahu ramuan rahasia antipenuaan yang diperlukan untuk terlihat 10-15 tahun lebih muda dari usia Anda?" tanya Silva melalui akun Instagram pribadinya, seperti dilansir Express, Selasa (7/3/2023).

Baca Juga

Silva mengatakan "ramuan" atau bahan rahasia yang membuatnya tampak 15 tahun lebih muda ini sebenarnya tidak terlalu rahasia. Ada cukup banyak orang yang mungkin sudah mengunakan bahan tersebut dalam perawatan kulit rutin mereka.

Bahan tersebut adalah retinol. Ini merupakan sebuah bahan yang berasal dari vitamin A.

"Sebenarnya ini bukan rahasia. Retinol adalah bahan antipenuaan yang mampu memelihara kulit Anda," jelas Silva yang sudah 20 tahun berkecimpung di bisnis kecantikan.

@therealmichellesilva What is the Secret Anti-aging Ingredient To Preserve A Youthful Appearance? The Gold Standard when it comes to anti-aging.retinol helps to stimulate the production of collagen in the skin, which helps to reduce the appearance of wrinkles and fine lines. Enhances skin radiance. Retinol can improve the skin’s overall radiance by increasing skin cell turnover. #wrinkleprevention #retinol #retinolskincare #skincareover40 #skincareover30 #ageprevention #over40andfabulous #antiaging #aginggracefully ♬ BORN FOR THIS - Foxxi

Penggunaan retinol secara rutin bisa membuat tampilan kulit Silva terlihat sangat lembut. Selain itu, retinol juga mampu menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus di kulit.

"Saya 48 tahun dan terlihat seperti (berusia) 30-an tahun. Ini bukan pamer. Retinol benar-benar bekerja sangat baik" kata Silva.

Saat diaplikasikan pada kulit, retinol bosa menyerap jauh ke dalam kulit. Ketika berada di dalam kulit, retinol bisa mendorong terjadinya peningkatan produksi elastin dan kolagen dengan cara menetralisir radikal bebas.

Peningkatan produks elastin dan kolagen ini berperan penting dalam memperbaiki dan menyamarkan tampilan garis halus serta kerutan. Dampak lainnya, retinol juga dapat membantu menyamarkan pori-pori yang membesar.

"Ada studi puluhan tahun mengenai manfaat retinol untuk antipenuaan dan saya jamin itu semua benar," jelas Silva.

Silva menyebut, penggunaan retinol juga dapat memperbaiki proses pergantian sel-sel kulit. Pergantian sel-sel kulit yang lebih baik ini dapat menjaga sel-sel yang ada di permukaan kulit dalam kondisi yang segar dan sehat

"Saya bukan ahli perawatan kulit profesional, tapi saya sangat memahami kulit saya. Penggunaan retinol rutin yang saya lakukan selama 20 tahun ke belakang telah memelihara kulit saya menjadi awet muda," ujar Silva.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement