Jumat 03 Mar 2023 16:26 WIB

Dokter Sarankan Masyarakat Periksa Kesehatan Telinga Setiap 6 Bulan Sekali

Kesehatan telinga perlu diperiksa secara reguler.

Kesehatan telinga harus diperiksa setiap enam bulan sekali. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Kesehatan telinga harus diperiksa setiap enam bulan sekali. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT), Juniar, mengimbau masyarakat rutin melakukan pemeriksaan kesehatan telinga secara reguler setiap enam bulan sekali. Menurut dia, kesehatan telinga perlu diperiksa secara reguler atau jika ada keluhan segera memeriksakan diri.

Juniar menjelaskan, terdapat beberapa anjuran untuk menjaga kesehatan telinga. Pertama, menghindari tempat bising dan apabila berada di tempat itu sebaiknya menggunakan penutup telinga atau ear plug. "Telinga memiliki batas desibel yang dapat didengarkan dan berapa lama, misalnya jika 60 desibel kita hanya boleh di situ dua jam, tidak boleh lebih," ujarnya, Jumat (3/3/2023).

Baca Juga

Juniar juga tidak menganjurkan masyarakat berbagi alat pendengar suara (earphone) kepada pengguna lain serta mendengarkan suara musik terlalu keras. "Ini yang sering dilakukan, tetapi sebenarnya itu tidak boleh," katanya.

Ia menyampaikan, masyarakat tidak boleh memasukkan benda asing seperti cotton bud, peniti atau benda apapun ke dalam liang telinga. Benda-benda asing yang masuk ke dalam liang telinga itu bisa sangat berbahaya, karena dapat merobek gendang telinga.

Dokter Juniar mengingatkan masyarakat tidak berenang atau mencuci telinga dengan air yang kotor, karena dapat menyebabkan infeksi di telinga luar dan telinga tengah. Pada kesempatan itu, Juniar mengimbau masyarakat yang sudah menggunakan alat bantu dengar agar menggunakan alat tersebut secara teratur dan sesuai petunjuk.

"Kalau gendang sudah bolong, akan menginfeksi telinga dalam," ujarnya.

Juniar menambahkan dalam rangka hari pendengaran sedunia, Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorokan Bedah Kepala Leher Indonesia (PERHATI-KL) memiliki moto telinga yang sehat berawal dari telinga yang bersih serta pendengaran yang baik. Sehubungan dengan moto tersebut, PERHATI-KL Banda Aceh bakal mengadakan kegiatan pembersihan telinga gratis bagi warga kota setempat pada kegiatan car free day pada hari Ahad.

"Kepada masyarakat Kota Banda Aceh, ayo datang ke car free day, karena ada kegiatan periksa serta bersihkan telinga secara gratis," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement