Kamis 02 Mar 2023 23:56 WIB

Makan Banyak tak Jamin Gizi Anak Terpenuhi, Ini Penjelasannya

Porsi makan yang diberikan secara asal justru membahayakan anak.

Anak banyak makan (ilustrasi). Anak banyak makan tak menjamin giziznya terpenuhi.
Foto: www.pixabay.com
Anak banyak makan (ilustrasi). Anak banyak makan tak menjamin giziznya terpenuhi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menekankan bahwa banyaknya porsi makan yang diberikan orang tua kepada anak tidak menjamin bahwa asupan gizi seorang anak bisa terpenuhi dengan baik.

"Jadi kadang-kadang, ibu-ibu kasih makan anaknya asal kenyang. Nasi dua pentung, lauknya mi instan, minumnya kental manis, kemudian kerupuk, kuahnya kuah bakso," kata Ketua Pengurus Pusat IDAI Piprim Basarah Yanuarso dalam Konferensi Pers IDI di Jakarta, Kamis (2/3/2023).

Baca Juga

Piprim menyoroti porsi makan yang diberikan secara asal tersebut justru membahayakan anak untuk terkena obesitas. Pasalnya anak terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat dan gula, atau bahkan stunting karena kekurangan asupan gizi terutama protein hewaninya.

Hal tersebut berdampak buruk pada kesehatan anak, karena rendahnya asupan protein hewani yang berasal dari makanan seperti ikan, telur atau ati ayam, sehingga anak kekurangan zat asam amino. Akibatnya, aktivasi dari regulator pertumbuhan anak atau yang dikenal dengan mTORC1 menjadi terganggu. Padahal, mTORC1 yang baik dapat menunjang pertumbuhan di anak yang akan membuat pertumbuhan lebih optimal baik untuk pertumbuhan otak, pertumbuhan tulang rawan, pertumbuhan otot maupun kerangkanya.

Oleh karenanya, Piprim meminta setiap orang tua untuk memperhatikan asupan protein hewani, juga pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) setelah anak berusia di atas enam bulan. Sebab di usia tersebut, stunting sangat rawan terjadi. ASI sangat penting untuk mencegah stunting tapi pasca ASI ketika enam bulan ke atas. "Setelah ASI kita juga harus menekankan pentingkan pemberian protein hewani. Utamakan protein hewani dulu, baru nanti sayurnya, ada tempenya, jangan sampai protein hewani terlupakan. Itu mTORC1-nya tidak hidup," ujarnya.

Piprim menyarankan, misalnya pada usia 6-8 bulan, orang tua setidaknya harus memasukkan satu butir telur dalam menu MPASI-nya. Kemudian untuk usia 8 bulan hingga 1 tahun, orang tua bisa memberikan dua butir telur yang disertai dengan ati ayam. Protein hewani dari makanan lokal harganya cukup terjangkau.

"Telur, ikan, unggas, itu bisa kita pelihara sendiri Kalau daging merah mahal, tapi ati ayam murah, di tukang bubur saja Rp 2 ribu (satu tusuk bisa) dapat. Tidak ada alasan protein itu mahal, tidak. Itu murah hanya orang tidak tahu," kata dia.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement