Kamis 02 Mar 2023 17:20 WIB

Mana yang Kandungan Kesehatannya Paling Banyak: Anggur Hijau, Merah, atau Hitam?

Anggur mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan asam lemak.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Aneka macam anggur (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Aneka macam anggur (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terdapat beberapa jenis anggur dan konsumen mungkin terkadang bingung harus memilih yang mana. Sebenarnya, anggur warna apa yang menawarkan manfaat kesehatan paling banyak, apakah anggur hijau, anggur hitam, atau anggur merah?

Anggur mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan asam lemak sehingga dianggap sehat untuk kulit, jantung, dan pembuluh darah. "Anggur hitam dan merah dianggap lebih sehat jika dibandingkan dengan yang hijau," kata ahli gizi Avni Kaul.

Baca Juga

Akan tetapi, perbedaan nutrisi itu terbilang sedikit, dan masing-masing anggur hadir dengan rasa serta manfaat kesehatan yang unik. Berikut paparan kandungan nutrisi antara varietas anggur hijau, hitam, dan merah, dikutip dari laman Healthshots, Kamis (2/3/2023):

1. Anggur hijau

Anggur hijau yang juga dikenal sebagai anggur putih atau kuning adalah jenis anggur yang paling banyak dikonsumsi. Jenis anggur ini memiliki rasa manis dan asam dan digunakan dalam berbagai resep, termasuk salad, smoothie, dan hidangan panggang.

Menurut penelitian, satu cangkir anggur hijau mengandung kurang lebih 104 kalori, 1,4 gram protein, 0,2 gram lemak, dan 27,3 gram karbohidrat. Ahli gizi mengatakan bahwa anggur hijau juga merupakan sumber vitamin C, vitamin K, dan kalium yang baik.

Vitamin C adalah antioksidan yang mendukung fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan kulit, sedangkan vitamin K berperan penting dalam pembekuan darah dan kesehatan tulang. Kalium penting untuk mengatur tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung.

2. Anggur hitam

Anggur hitam, juga dikenal sebagai anggur ungu, adalah varietas anggur yang manis dan berair dengan warna pekat. Satu cangkir anggur hitam mengandung kurang lebih 104 kalori, 1,1 gram protein, 0,2 gram lemak, dan 27,3 gram karbohidrat.

Menyantap buah anggur hitam sehat karena kaya vitamin C dan vitamin K. Sebagai tambahan, ada kandungan resveratrol, antioksidan kuat yang dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mengurangi peradangan, meningkatkan kesehatan jantung, dan perlindungan terhadap jenis kanker tertentu.

3. Anggur merah

Anggur merah juga dikenal sebagai anggur merah atau burgundy, memiliki rasa manis dan sedikit asam. Jenis anggur ini kerap digunakan dalam salad buah, selai, dan jeli. Satu cangkir anggur merah mengandung kurang lebih 104 kalori, 1,1 gram protein, dan 0,2 gram lemak.

Di dalamnya, ada juga 27,3 gram karbohidrat, vitamin C, vitamin K, dan resveratrol seperti anggur hitam. "Anggur hitam dan merah diketahui mengandung tiga jenis polifenol yang disebut asam fenolik, flavonoid, dan resveratrol," ujar Kaul.

Setelah mencermati kandungannya, anggur hitam dan anggur merah mungkin menawarkan manfaat kesehatan yang sedikit lebih banyak dibandingkan anggur hijau. Namun, perbedaan kandungan nutrisi antara ketiga varietas itu terbilang kecil, sehingga anggur jenis apa pun dapat menjadi asupan yang sehat.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement