Rabu 01 Mar 2023 17:07 WIB

Berendam di Bak Mandi tak Lebih Bersih Dibandingkan Pakai Shower, Ahli Ungkap Penyebabnya

Aktivitas berendam di bak mandi bisa menyebabkan tubuh Anda kurang bersih.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Bak mandi. Mandi berendam di bak mandi dinilai tidak lebih bersih dibandingkan mandi menggunakan shower. (ilustrasi)
Foto: www.pixabay.com
Bak mandi. Mandi berendam di bak mandi dinilai tidak lebih bersih dibandingkan mandi menggunakan shower. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagaimana kebiasaan mandi Anda? Apakah senang menggunakan shower atau justru berendam di bathtub atau bak mandi?

Aktivitas berendam di bak mandi bisa menyebabkan tubuh Anda kurang bersih. Apalagi hanya berendam di air sabun. Berikut ini empat alasan mandi di bak mandi tidak bersih.

Baca Juga

1. Seluruh tubuh tidak basah

Saat berada di bak mandi, berapa banyak bagian tubuh yang benar-benar terendam? Direktur medis di NuView Treatment Center di Los Angeles, Ryan Peterson, mengatakan itu adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan saat memilih antara berendam atau tidak.

Mandi dengan shower atau gayung memiliki cakupan tubuh yang lebih "langsung" sehingga kotoran, keringat, dan kulit yang terkelupas dikeluarkan dan dicuci dengan cepat. "Mandi dengan shower lebih disukai dibandingkan berendam dan dianggap lebih baik untuk kebersihan karena dapat membantu menghilangkan keringat dan kotoran dari tubuh seseorang dengan lebih efisien," ujar Peterson seperti dilansir laman Best Life, Rabu (1/3/2023).

2. Tubuh dipenuhi bakteri

"Sebagai manusia, kita menyimpan dan mengeluarkan banyak organisme di tubuh kita," ujar dokter kulit sekaligus pendiri Modern Ritual, Beth Goldstein.

E coli adalah bakteri paling umum dari usus yang dapat masuk ke dalam bak mandi, bahkan mengalir ke tubuh. Goldstein menginstruksikan pasien pascaoperasi dengan luka terbuka untuk tidak mandi sama sekali. Dia meminta mereka membersihkan lukanya untuk kedua kali, bahkan setelah keluar dari kamar mandi.

"Mandi terasa luar biasa dan bisa menghidrasi, tetapi ada alasan bagus mengapa kita tidak ingin siapa pun mandi setelah operasi," dia memperingatkan.

Jika Anda belum pulih dari operasi, memikirkan bakteri yang berenang di air mandi mungkin cukup untuk membuat Anda memilih mandi di shower. Sebuah studi pada 2007 dari Pusat Medis dan Fakultas Kedokteran Universitas New York mencatat 8 persen bakteri dari sampel kulit merupakan spesies yang tidak diketahui dan belum pernah dideskripsikan sebelumnya.

3. Bak mandi Anda tidak bersih

Kapan terakhir kali Anda menggosok bak mandi? "Bathtub membutuhkan perawatan yang tinggi, dan harus dibersihkan setelah setiap pengguna," kata Peterson.

Mandi menggunakan air yang tergenang dapat terkontaminasi seiring waktu. "Mandi dengan shower lebih higienis dibandingkan berendam karena ada penurunan risiko penyebaran bakteri dan jamur ke berbagai bagian tubuh," kata dia.

Jika ingin membersihkan bathtub atau bak mandi, pastikan untuk mengeluarkan semuanya terlebih dahulu. Jangan lupa mengenai nat dan ubin dinding. Jika Anda menggunakan banyak pembersih, jangan pernah mencampur apa pun yang mengandung pemutih dengan produk asam seperti cuka, peringatan mereka, karena ini dapat menghasilkan gas beracun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement