Selasa 28 Feb 2023 16:54 WIB

Penelitian Terbaru: Menyimpan Kentang di Kultas Ternyata tak Bahayakan Kesehatan

Menyimpan kentang di kulkas bisa membuat kentang bertahan lebih lama.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Kentang. Berdasarkan penelitian terbaru, menyimpan kentang di kulkas tidak berbahaya bagi kesehatan. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com.
Kentang. Berdasarkan penelitian terbaru, menyimpan kentang di kulkas tidak berbahaya bagi kesehatan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini banyak ahli mengatakan, menyimpan kentang di kulkas bisa berbahaya bagi kesehatan. Namun penelitian baru yang juga dari para ahli, menyatakan kentang bisa tahan lama dan aman jika disimpan dalam kulkas.

Menyimpan kentang mentah pada suhu rendah dianggap buruk bagi kesehatan karena menyebabkan pembentukan ekstra gula yang berubah menjadi akrilamida, yaitu bahan kimia yang diduga berpotensi menyebabkan kanker pada manusia saat kentang digoreng atau dipanggang. Namun kini Food Standards Agency memperbarui sarannya setelah menemukan melalui penelitian terbaru bahwa menyimpan kentang di kulkas tidak lebih berisiko dibandingkan menyimpannya di rak biasa.

Baca Juga

Bahkan menyimpan kentang di kulkas bisa membuat kentang bertahan lebih lama. Tentunya ini menjadi kabar gembira bagi mereka yang berjuang untuk memiliki buah dan sayuran tetap baik.

Di mana pun pilihan Anda menyimpan kentang, pastikan udara dapat masuk ke dalamnya untuk mencegah penumpukan kelembapan, yang dapat menyebabkan sayuran lebih cepat habis. Namun jangan tergoda untuk melangkah lebih jauh dan membekukan kentang mentah karena ketika terkena suhu di bawah nol, air di dalam kentang mengembang dan membentuk kristal yang merusak struktur dinding sel.

Artinya, saat dicairkan kemungkinan besar kentang akan berwarna cokelat, lembek, dan tidak menggugah selera. Untuk diketahui, penelitian terbaru ini muncul setelah seorang foodie menyebabkan kekacauan di dunia maya, dengan memamerkan simbol aneh pada paket kentangnya yang belum pernah dia lihat sebelumnya.

Hal itu memulai perdebatan tentang bagaimana cara tepat menyimpan sayuran. Memperbesar sudut kantong putih kentangnya, dia menyoroti simbol kulkas di mana artinya kentang sebaiknya disimpan di bawah suhu 5 derajat Celsius. Dia bingung dengan penemuan itu, begitu pula beberapa penonton.

 

https://www.mirror.co.uk/news/health/experts-say-its-now-safe-29327314

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement