Selasa 28 Feb 2023 14:31 WIB

Anak-Anak Jadi Kasar dan Terjebak Pergaulan Bebas, Salah Orang Tuanya Apa?

Belakangan, makin banyak anak yang tumbuh jadi pelaku keonaran.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Remaja menyendiri (Ilustrasi). Orang tua perlu menerapkan pola asuh yang tepat agar kelak anak tidak tumbuh menjadi orang dewasa yang arogan.
Foto:

Caranya, menurut Alfa, orang tua bisa mencoba mendalami hal-hal yang disukai buah hati. Ketika anak mengagumi artis K-pop, misalnya, orang tua bisa mencoba membangun bonding dengan juga ikut memahami K-pop meskipun hal tersebut tidak sesuai dengan nilai yang dianut orang tua.

"Walaupun orang tua enggak suka dan mungkin enggak sejalan sama value kita, tapi ya sudah terima dulu, jangan malah dikata-katain, dimarahin, ya nambah jauh hubungan sama anak. Pokoknya pahami aja dulu, dan ketika anak sudah menerima dan mau terbuka, baru kita bisa diskusi," kata dia.

Namun demikian, jika memang dirasa susah, Alfa menyarankan untuk meminta bantuan dari profesional. Sebab, bisa jadi anak dan orang tua punya PR masing-masing.

"Misalnya anak sudah kadung kesal karena merasa dicuekin, dan itu harus diselesaikan dulu, dengan bantuan pihak ketiga, yaitu profesional," kata Alfa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement