Senin 27 Feb 2023 16:21 WIB

Manfaat Luar Biasa Olahraga Lari yang akan Didapatkan Setelah Usia 50

Berlari adalah aktivitas bagus untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan jantung.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Olahraga lari (ilustrasi). Orang yang rutin melakukan olahraga lari akan memiliki manfaat yang akan didapat meski nanti sudah berusia 50 tahun.(ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Olahraga lari (ilustrasi). Orang yang rutin melakukan olahraga lari akan memiliki manfaat yang akan didapat meski nanti sudah berusia 50 tahun.(ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rutin melakukan aktivitas fisik memiliki banyak manfaat. Manfaat yang dimaksud di antaranya membantu mempertahankan tulang dan otot serta memperlambat proses penuaan. 

Salah satu olahraga yang ramah kantong adalah berlari. Berlari adalah aktivitas yang bagus untuk meningkatkan kebugaran aerobik dan kesehatan jantung. Seiring bertambahnya usia, tingkat kebugaran mulai menurun jika Anda tidak berolahraga untuk mempertahankannya.

Baca Juga

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk segera mulai berlari. Berikut beberapa manfaat dari berlari yang Anda dapatkan setelah usia 50 tahun, dikutip Eat This Not That, Senin (27/2/2023):

1. Punya lebih banyak energi

 

Jika Anda bertanya-tanya apa manfaat berlari setiap hari bagi tubuh setelah usia 50 tahun, Anda pasti akan menikmati peningkatan energi. Banyak orang yang kurang bergerak mengeluhkan tidak memiliki banyak energi untuk berolahraga.

Namun, dengan lebih banyak bergerak dapat membantu meningkatkan tingkat energi. Saat mulai berlari setiap hari, Anda akan mulai merasa lebih energik, lebih hidup, dan mampu menjalani hari dengan lebih mudah. Bahkan jika Anda tidak memiliki banyak daya tahan, lari sederhana selama 10 hingga 15 menit dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan fisik dan mental.

2. Suasana hati yang lebih baik

Berlari setiap hari dapat meningkatkan mood. Saat melakukan aktivitas fisik seperti berlari, serotonin dan endorfin dilepaskan. Bahan kimia otak ini bertanggung jawab untuk membuat Anda berada dalam suasana hati yang lebih baik. Melakukan lari dengan intensitas sedang atau kuat secara konsisten juga dapat meningkatkan kesehatan mental.

3. Kesehataan meningkat

Saat terus berlari secara teratur dan meningkatkan kinerja, baik jarak maupun kecepatan, Anda mungkin melihat penanda yang lebih baik dalam kesehatan. Berlari akan membantu meningkatkan sensitivitas insulin, kolesterol, dan penanda kesehatan lainnya. Bentuk aktivitas fisik ini juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Punya lebih banyak daya tahan

Saat menjadikan lari sebagai kebiasaan, Anda akan melihat peningkatan dalam daya tahan. Mengikuti rutinitas kardio yang sehat ini akan membantu Anda berlari lebih lama.

Pada awalnya, Anda mungkin hanya dapat memulai dengan jarak kurang dari satu kilometer, tetapi jarak itu perlahan akan meningkat. Anda akan melihat daya tahan lari juga terbawa ke aktivitas lain seperti hiking atau bermain olahraga favorit Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement