Kamis 23 Feb 2023 16:40 WIB

Gagal di Box Office, Pixar Akui Ada yang 'Salah' di Film Lightyear

Pixar mengungkapkan kekecewaannya atas kegagalan film Lightyear.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan di film animasi Lightyear. Pixar mengakui bahwa film ini tidak meraih kesuksesan di box office. (ilustrasi)
Foto: Disney/Pixar
Salah satu adegan di film animasi Lightyear. Pixar mengakui bahwa film ini tidak meraih kesuksesan di box office. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada tahun lalu, film animasi Lightyear produksi Pixar dan Disney yang tidak meraih kesuksesan di box office. Film spin-off dari Toy Story ini mengeksplorasi asal usul karakter Buzz Lightyear, seorang pilot uji manusia muda yang akan menjadi Space Ranger.

Dalam sebuah wawancara terbaru dengan media The Wrap, Chief Content Officer Pixar, Pete Docter, mengungkapkan kekecewaannya terhadap penerimaan Lightyear di box office. Pasalnya menurut dia, film yang dirilis perdana pada 17 Juni 2022 tersebut telah digarap dengan sangat apik.

Baca Juga

“Aku sangat menyukai film ini. Kami telah melakukan eksplorasi dan riset mendalam, karena kami semua semua menyukai film ini, mulai dari karakter dan premisnya,” kata Docter seperti dilansir Movie Web, Kamis (23/2/2023).

Dari kegagalan di box office, dia menduga apa yang disajikan di film Lightyear tidak sesuai dengan yang diharapkan atau diinginkan penonton. “Ketika mereka mendengar Buzz, mereka seperti, bagus, di mana Mr Potato Head, Woody, dan Rex? Lalu kami memasukkan mereka ke dalam film ini dan mereka seperti masuk terlalu jauh, baik dalam konsep atau cara karakter-karakter itu digambarkan. Jadi sepertinya ada perbedaan antara apa yang diinginkan penonton dan apa yang kami berikan,” jelas Docter.

Terlepas dari kekecewaan terhadap Lightyear, Pixar kini sedang mengembangkan film Toy Story 5. Sebagian penggemar menganggap sekuel baru ini tidak diperlukan karena banyak yang menilai Toy Story 4 sebagai ending yang sempurna. Film Toy Story 5 mungkin merupakan pertaruhan yang lebih aman daripada mencoba untuk lebih jauh menyimpang dari karakter-karakter utama waralaba tersebut.

Pertanyaan sebenarnya adalah bagaimana film ini dapat menyampaikan cerita yang sesuai dengan apa yang telah ada sebelumnya, tanpa meninggalkan noda yang kurang memuaskan pada waralaba? Docter mencatat, salah satu ciri khas Pixar adalah tidak pernah mengetahui persis ke mana arah film mereka selanjutnya, dan itu juga berlaku untuk Toy Story.

"Anda akan dibawa ke berbagai hal yang tidak terduga, dan itulah yang saya sukai dari proses kreatif," kata dia.

Toy Story 5 diperkirakan akan hadir dalam beberapa tahun lagi. Untuk film Lightyear dan seluruh waralaba Toy Story lainnya tersedia di Disney+.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement