Kamis 23 Feb 2023 15:36 WIB

7 Cara Buat Bunga Potong Segar Lebih Lama

Cara memotong bunga hingga suhu ruangan berpengaruh pada kesegaran bunga.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Bunga potong tetap segar dalam vas/ilustrasi
Foto: Unsplash
Bunga potong tetap segar dalam vas/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Bunga segar dapat menambah warna yang bagus dan aroma yang indah ke dalam rumah. Namun, seringkali bunga segar bertahan sekitar lima hingga tujuh hari.

Pemilik Gardening Express, Chris Bonnett bunga potong bisa bertahan lebih lama jika Anda mengikuti tip ini. “Faktor-faktor seperti cara memotong bunga, jenis vas, dan suhu ruangan tempat menyimpannya semuanya berpengaruh terhadap ketahanan bunga,” kata dia dilansir Express, Kamis (23/2/2023).

Baca Juga

1. Pilih vas yang tepat.

Banyak orang membeli vas karena tampilannya daripada memikirkan berapa lama bunga bisa bertahan di dalamnya. Rangkaian bunga yang lebih berat harus disimpan dalam vas pendek bersama dengan batang pendek. Kondisi itu memberi mereka lebih banyak ruang saat mekar. Pakar mengatakan pilihan bunga yang lebih ringan dapat ditempatkan di vas yang lebih tinggi. Hal ini karena akan memakan lebih sedikit ruang saat tumbuh.

 

2. Gunakan makanan bunga.

Profesional berkebun itu menjelaskan sebagian besar bunga potong dibekali dengan sebungkus makanan bunga, yang cenderung diabaikan banyak orang. Isi vas dan tambahkan saset makanan bunga ke dalam air.

Jika bunga tidak dilengkapi dengan makanan bunga, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Campurkan dua sendok makan jus lemon, satu sendok makan gula, dan setengah sendok teh pemutih untuk setiap liter air. Menurut Bonnett, ramuan buatan sendiri ini akan memperlambat pertumbuhan bakteri dan menjaga buket lebih segar lebih lama.

 

3. Jauhkan bunga dari panas.

Sama seperti tanaman hias, bunga potong harus dijauhkan dari sumber panas, termasuk di dekat sinar matahari meskipun ada kepercayaan itu membantu mereka mekar. Nyatanya, bunga potong tumbuh lebih baik di lingkungan yang dingin. "Hindari menyimpannya di mana pun di rumah Anda yang terlalu hangat dan lembab,” ujar Bonnett.

 

4. Ganti air setiap hari.

Ini sering kali merupakan langkah yang terlupakan dalam hal merawat bunga segar, tetapi memang membutuhkan perawatan, termasuk mengganti air setiap dua hari sekali. Bakteri akan tumbuh subur di air basi, sehingga menjaganya tetap segar akan memungkinkan Anda mendapatkan hasil maksimal dari buket yang baru dipotong.

Menurut pakar berkebun di Two Wests & Elliot itu, beberapa bunga bahkan mungkin lebih menyukai air hangat, seperti mawar. Pastikan untuk memasukkannya ke dalam air hangat setelah Anda menerimanya. Namun, jika Anda tidak menerima mawar, lakukan sedikit pencarian informasi untuk mengetahui suhu air yang disukai bunga itu.

 

5. Jangan lupa untuk mencuci vasnya.

Setiap kali mengganti air di vas, Anda juga bisa membersihkannya dengan air sabun hangat. Jangan lupa membilasnya dengan baik untuk memastikan semua sisa sabun sudah hilang sebelum memasukkan kembali bunga.

 

6. Potong bunga dengan benar.

Bonnett mengatakan salah satu kesalahan "terbesar" yang dilakukan orang adalah tidak memotong batang dengan benar, yang dapat menyebabkan mereka mati lebih cepat. Pastikan memiliki pisau tajam atau gunting rambut dan potong batangnya dengan sudut 45 derajat setiap kali mengganti air di dalam vas. "Ini akan memberikan batang dengan luas permukaan terbesar, yang berarti dapat menyerap lebih banyak air,” kata Bonnett.

 

7. Bersihkan dedaunan di bawah permukaan air.

Sangat penting untuk menjaga air di dalam vas sebersih mungkin, artinya dedaunan yang berada di bawah permukaan air juga perlu dibersihkan. Membiarkan dedaunan di dalam air dapat menyebabkannya “membusuk” yang akan merusak bunga dan membunuhnya dengan sangat cepat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement