Kamis 23 Feb 2023 02:02 WIB

Pasangan Anda Punya Ciri Ini? Selamat! Kemungkinan Besar Dia Setia

Terapis pernikahan meberikan beberapa tanda bahwa suami atau istri setia.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Pasangan setia. (ilustrasi)
Foto: www.rawpixel.com
Pasangan setia. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sebuah hubungan, selingkuh adalah salah satu dosa terbesar. Ini bisa menghancurkan kepercayaan, menciptakan kecemasan, dan tidak pernah bisa dimaafkan.

Alih-alih mengetahui tanda pasangan selingkuh, ada juga beberapa tanda mengetahui pasangan yang setia. Dalam hal ini, terapis berbagi tipnya, seperti dikutip Best Life, Selasa (21/2/2023):

Baca Juga

1. Tidak ada yang ditutupi 

Pekerja sosial klinis Steve Carleton mengatakan, pasangan yang selingkuh lebih banyak melakukan usaha untuk melindungi gawainya. Baik menyembunyikan atau menerapkan langkah keamanan yang berlebihan seperti kata sandi, teknologi sidik jari, dan aplikasi terenkripsi.

 

Jika pasangan yang setia, mereka cenderung lebih santai. “Karena mereka tidak punya alasan untuk menyembunyikan apa pun sehingga cenderung lebih santai saat mereka menggunakan perangkat. Mereka tidak khawatir seseorang mengakses informasi yang tidak ingin mereka lihat,” kata Carleton.

2. Tidak pernah selingkuh sebelumnya

Jika seseorang tidak pernah selingkuh di masa lalu, kemungkinan kecil mereka akan melakukannya di masa depan. “Ini karena perilaku seseorang di masa lalu seringkali merupakan prediktor yang sangat baik untuk perilaku masa depan, terutama dalam keyakinan pribadi," ujar terapis pernikahan dan keluarga Marley Howad.

3. Memiliki tingkat keintiman emosional tinggi

Carleton menyebut pasangan yang telah membangun hubungan emosional yang kuat lebih cenderung merasa puas dan terpenuhi. Ini dapat membantu mereka melawan godaan untuk mencari orang lain.

Hal utama yang harus dicari adalah keintiman emosional. “Tanda-tanda keintiman emosional termasuk mampu mengungkapkan perasaan dan pikiran secara terbuka, mampu berbicara melalui perbedaan pendapat, dan merasa nyaman dan aman dalam hubungan. Memiliki keintiman emosional juga berarti setiap orang merasa diterima oleh orang lain dan tidak takut dihakimi atau dikritik,” ujarnya.

4. Memiliki ciri-ciri kepribadian ini

Kepribadian umum pasangan juga dapat memprediksi potensi perselingkuhan. Terapis di Live Another Day, Michelle Giordano, mengungkapkan beberapa ciri menandakan orang yang setia.

Ciri tersebut di antaranya adalah adalah ketelitian, pengendalian diri, empati, dan harga diri yang tinggi. Mereka juga orang yang bertanggung jawab, dapat diandalkan, nyaman dengan keintiman emosional, percaya, dan mampu menahan godaan.

"Namun, penting untuk dicatat bahwa sifat-sifat ini bukan satu-satunya faktor yang memengaruhi apakah seseorang selingkuh dan tidak ada cara yang sangat mudah untuk memprediksi perselingkuhan," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement