Senin 13 Feb 2023 21:50 WIB

6 Macam Posisi Tidur Suami-Istri, Ada yang Romantis Tapi Berdampak pada Kesehatan

Hindari posisi tertentu yang dapat mengganggu postur dan kenyamanan tidur.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Pasangan suami-istri tidur. Posisi tidur seperti ini memang lebih romantis, tetapi tak terlalu bagus untuk penyelarasan tulang belakang.
Foto:

Tidur berhadapan

Pasangan yang tidur berhadap-hadapan sambil bersentuhan biasanya sangat dekat dan tidak terpengaruh oleh kontak intim. Manfaat posisi ini sangat erat kaitannya dengan posisi tidur saling membelakangi.

"Tidur berhadapan memberi setiap orang ruang yang cukup untuk menggerakkan anggota tubuh mereka dengan bebas jika perlu sepanjang malam," kata ahli tersebut.

Intertwined atau terjalin

Posisi ini melibatkan pasangan berbaring dengan kepala pada level yang sama, saling berhadapan, dengan kaki saling tumpang tindih dalam pelukan terkunci.

Jones menjelaskan posisi intertwined menguntungkan, tetapi tidak ideal untuk tidur. Walaupun bagian atas tubuh mungkin terasa ditopang, kaki diangkat atau dikunci ke posisi tertentu mungkin berarti tulang belakang tidak dalam posisi netral.

"Artinya, Anda cenderung tidak merasa cukup istirahat saat bangun," kata dia.

Bintang laut

Posisi bintang laut ini adalah ketika satu orang tidur menyebar sepenuhnya, menyerupai bintang laut. Saat sendirian, posisi tidur ini adalah solusi yang bagus untuk kualitas tidur dan berdampak pada tubuh.

"Memberi Anda ruang yang dibutuhkan tubuh Anda untuk benar-benar rileks sehingga bangun dengan perasaan istirahat dan segar," kata Jones.

Namun, saat berbaring bersama orang lain, orang dengan posisi tidur bintang laut mungkin tidak memiliki cukup ruang untuk menggerakkan lengan dan kaki dengan bebas sepanjang malam. Tidur telentang dalam posisi bintang laut sangat bagus untuk meredakan sakit punggung.

Posisi tidur ini dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk menopang tulang belakang, membantu meringankan sakit dan nyeri. Bahkan, posisi ini disebut membuat orang "bebas" dari kerutan karena minimalnya kontak wajah ke bantal.

"Akan tetapi, kalau Anda atau pasangan Anda memiliki kecenderungan untuk mendengkur, posisi ini mungkin salah satu yang harus dihindari, karena lengan Anda cenderung melebar dan saluran udara terbuka," ujar Jones.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement