Sabtu 11 Feb 2023 10:39 WIB

Kontroversi Pernyataan Gitasav, Ini Resep Awet Muda Sarah Sechan

Resep awet muda menurut Sarah ada di dalam pikiran dan banyak bersyukur

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Gita Amanda
Presenter dan selebritis Sarah Sechan mengutarakan pendapatnya mengenai childfree. (ilustrasi).
Foto: Republika/Rahma Sulistya
Presenter dan selebritis Sarah Sechan mengutarakan pendapatnya mengenai childfree. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pernyataan influencer Gita Savitri (Gitasav) mengenai awet muda karena childfree banyak menimbulkan kontra di warganet dan selebritas. Belakangan, presenter dan selebritis Sarah Sechan mengutarakan pendapatnya mengenai hal ini.

Sarah Sechan punya pendapat sendiri mengenai resep awet muda, dan itu tentunya bukan tidak memiliki anak, seperti kata Gita Savitri. "Sesungguhnya semua orang punya hak untuk memilih jalan hidup sendiri; mau nikah atau nggak, mau punya anak atau child-free, mau kerja atau jadi pengangguran. No one has the right to tell you otherwise," ujar Sarah Sechan dalam akun Instagram-nya @sarsehshoku, dikutip Republika, Sabtu (11/2/2023).

Baca Juga

Menurut Sarah, resep awet muda secara natural tanpa perawatan bukanlah dari hal-hal eksternal. Semuanya justru ada dalam pikiran, bagaimana cara mengatur hidup kita dan banyak bersyukur.

"Yang perlu dipahami adalah: natural anti-aging (natural ya, gak ada urusan sama perawatan salon dll) atau stress-free life sebetulnya bukan dari hal-hal eksternal. It's all In the mind, how we manage our life, and COUNTING OUR BLESSINGS," tutur Sarah Sechan dengan menekankan pada kata 'blessings' atau berkah.

 

Ia pun menyindir Gita yang seolah-olah takut menua. Padahal manusia tidak sama dengan koleksi museum patung lilin Madame Tussaud. Menurutnya, menjalani hidup tidak perlu takut menua. Semua manusia akan tua dan keriput.

Selain itu, menikah dan memiliki anak tidak akan menghilangkan independensi seorang wanita apabila dapat menemukan pasangan yang baik. Sarah mengaku bisa tetap bekerja, punya uang sendiri dan banyak berjalan-jalan setelah menikah.

Menyindir komentar Gitasav yang menyatakan bahwa punya anak akan membuat seorang perempuan sulit tidur cukup, Sarah berbagi bahwa setelah punya anak pun, ia tetap bisa tidur cukup. "Karena anak saya gak pernah screaming in the morning (teriak pagi-pagi), rewel berlebihan atau tantrum. Punya anak bukan sekadar hamil dan melahirkan, tapi belajar bonding dengan manusia baru, komunikasi, dan harus selalu usahakan punya chill vibes. Semua bisa jadi stressful kalau kita ribet dan bikin stres. But life can also be great if we try to see things in different light," katanya.

Terakhir, ia menegaskan untuk tidak membandingkan pilihan hidup dengan pilihan orang lain. "Silakan pilih jalan hidupmu sendiri, tapi gak perlu membandingkan pilihanmu dengan pilihan orang lain. Semua manusia punya alasan dan pengalaman hidup berbeda yang akhirnya menentukan pilihan masing-masing," tutup Sarah Sechan.

Sarah Sechan juga membalas komentar di postingan Instagram-nya mengenai ibu bekerja dan rumah tangga. "Stay at home moms and working moms sesungguhnya sama-sama kerja. Gak ada yang lebih mudah, tapi bisa jadi menyenangkan kalau kita menjalani dengan sepenuh hati. Happy mom= happy home," ungkapnya.

Postingan Sarah Sechan tersebut bahkan dikomentari oleh Zaskia Adya Mecca yang memang diketahui memiliki banyak anak dengan sutradara Hanung Bramantyo. "Tetehh...luvs!"komen Zaskia.

Diberitakan sebelumnya, influencer sekaligus Youtuber Gita Savitri Devi (Gitasav) kembali menjadi sorotan di jagat maya setelah membalas komentar warganet soal pujian "awet muda".

Gitasav membalas pujian itu dengan mengisyaratkan bahwa salah satu rahasia awet mudanya karena keputusannya untuk tidak mempunyai anak (childfree). Tidak hanya menyiratkan bahwa anak yang membuat seorang perempuan menua di komentar, ia juga menyebut anak adalah beban dalam sesi live Instagram.

"Iya, buat gua (anak itu) beban. Buat lo, kan, bukan, (tapi) anugerah. Buat gua beban, makanya gua nggak mau (punya anak). And there's nothing wrong with it (dan nggak ada yang salah dengan itu)," ujar Gita di sesi live Instagram tersebut, Rabu (8/2/2023) malam.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement