Jumat 10 Feb 2023 22:42 WIB

Cegah Anak Kena Diabetes, Ingat-Ingat Prinsip '5210'

Obesitas yang diikuti dengan terjadinya sindrom metabolik picu diabetes pada anak.

Anak kegemukan (ilustrasi). Kelebihan nutrisi dapat membuat anak obesitas dan berisiko diabetes tipe 2.
Foto:

Diabetes tipe 2 merupakan salah satu tipe diabetes yang bisa dialami anak. Umumnya, penyakit ini diawali dengan obesitas lalu terjadi sindrom metabolik.

Agar anak tak kena diabetes, Prof Aman mengingatkan orang tua untuk memastikan anak mendapatkan makanan dan minuman sehat di rumah. Dengan begitu, nutrisi anak bisa lebih terkontrol.

"Tidak boleh lagi ada anak gemuk. anak tidak boleh makan makanan manis di luar anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada anjuran maksimalnya," tutur Project Leader Changing Diabetes in Children (CDiC) Indonesia Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) itu dalam media briefing secara daring, Rabu (8/2/2023).

Prof Aman lantas memaparkan langkah pencegahan diabetes di Jepang. Di sana, setiap tahun ajaran baru, anak-anak menjalani tes reduksi urine, yakni pemeriksaan uji laboratorium untuk mendeteksi adanya glukosa atau gula pada urine.

Mereka yang hasil tes reduksinya positif, harus menjalani pemeriksaan gula darah. Ini dapat menjadi cara deteksi dini diabetes sehingga bisa segera dilakukan intervensi.

"Ketika dikatakan gizi lebih atau obesitas, ya orang tuanya harus melakukan (upaya) jangan sampai menjadi diabetes," kata Prof Aman.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement