Senin 06 Feb 2023 18:40 WIB

Lagu 'Baraye' Karya Musisi Iran Shervin Hajipour Menangkan Kategori Baru Grammy

Lagu Baraye jadi Lagu Terbaik untuk Perubahan Sosial di Grammy Awards 2023.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Mewakili musisi Iran Shervin Hajipour, Ibu Negara AS Jill Biden menerima penghargaan Lagu Terbaik untuk Perubahan Sosial di Grammy Awards di Los Angeles, AS, Ahad (5/2/2023). Hajipour mendapatkan penghargaan khusus tersebut berkat lagu Baraye.
Foto:

Hajipour menggubah lagu "Baraye" dari pesan yang diunggah warga Iran secara daring tentang alasan mereka melakukan aksi protes. Kata "baraye" yang dalam bahasa Farsi bermakna "untuk" atau "demi", digunakan di awal setiap lirik. Penggalannya berbunyi, "Untuk menari di jalanan, untuk siswa dan masa depan mereka, untuk perempuan, kehidupan, kebebasan".

Hajipour mendapatkan popularitas pada 2019 ketika tampil sebagai kontestan di New Era, sebuah kompetisi bakat di televisi Iran. Setelah lagu "Baraye" menjadi viral, Hajipour ditangkap dan lagu tersebut dihapus dari akun Instagram-nya, namun masih dibagikan daring secara meluas.

Pada Oktober 2022, Hajipour dibebaskan dengan jaminan, namun kasusnya akan melalui proses hukum. Setelah memenangkan Grammy, Hajipour menuliskan status singkat di Instagram yang berbunyi, "Kita menang."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement