Senin 05 Feb 2024 14:46 WIB

Annie Lennox Serukan Gencatan Senjata di Gaza Saat Tampil di Grammys 2024

Annie Lennox tampil menyanyikan Nothing Compares 2 U untuk kenang Sinead O'Connor.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Annie Lennox memberikan penghormatan kepada Sinead O
Foto: AP Photo/Chris Pizzello
Annie Lennox memberikan penghormatan kepada Sinead O

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Artis Skotlandia Annie Lennox mengakhiri penampilannya di Grammy Award 2024 dengan permohonan perdamaian di Gaza. Seruan itu disambut dengan sorak-sorai dari penonton yang bertabur bintang. 

Sambil mengangkat tinjunya ke udara, penyanyi-penulis lagu berusia 69 tahun itu menyatakan, “Artis untuk gencatan senjata. Perdamaian di dunia,”

Baca Juga

Dilansir The National News, Senin (5/2/2024), Lennox, yang pertama kali menjadi terkenal secara internasional dengan lagu “Sweet Dreams (Are Made of This)” milik Eurythmics pada tahun 1983, membawakan “Nothing Compares 2 U” sebagai bagian dari montase In Memoriam upacara tersebut, untuk menghormati almarhumah temannya, penyanyi Irlandia Sinead O’Connor. 

O’Connor, yang merupakan aktivis politik vokal sepanjang kariernya, meninggal pada usia 56 tahun pada Juli 2023. Lennox menyebut O’Connor sebagai “orang yang jujur” dalam pernyataannya setelah kematian artis tersebut. 

Gerakan Artis untuk Gencatan Senjata dimulai pada bulan-bulan terakhir tahun lalu, sebagai tanggapan terhadap perang Israel-Gaza, dengan sejumlah musisi, aktor, pembuat film, dan seniman multidisiplin terkemuka lainnya ikut menandatangani pesan kepada Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden yang menuntut diakhirinya terhadap konflik dan fokus yang lebih besar pada bantuan kemanusiaan. 

“Kami berkumpul sebagai seniman dan advokat, namun yang paling penting adalah sebagai umat manusia yang menyaksikan hilangnya nyawa dan kengerian yang terjadi di Israel dan Palestina,” demikian pernyataan di situs kolektif tersebut, yang terakhir diperbarui pada 24 Januari. 

Beberapa tokoh terkemuka yang menambahkan namanya ke dalam daftar antara lain Ben Affleck, Jennifer Lopez, Jenny Ortega, Bella Hadid, Yara Shahidi, dan Andrew Garfield. 

“Kami meminta, sebagai Presiden Amerika Serikat, Anda dan Kongres AS menyerukan segera deeskalasi dan gencatan senjata di Gaza dan Israel sebelum ada korban jiwa lagi. Lebih dari 25.000 orang telah terbunuh selama tiga bulan terakhir, dan lebih dari 60.000 orang terluka, angka-angka yang diketahui oleh siapa pun yang mempunyai hati nurani adalah sebuah bencana besar,” bunyi pernyataan tersebut. 

“Kami percaya semua kehidupan adalah suci, tidak peduli agama atau etnis dan kami mengutuk pembunuhan warga sipil Palestina dan Israel.” 

Pernyataan tersebut selanjutnya menyerukan semua pemimpin dunia untuk mempercepat gencatan senjata segera, pembebasan semua sandera dan membantu bantuan menjangkau mereka yang membutuhkan di Gaza. 

“Kami membela kebebasan, keadilan, martabat dan perdamaian bagi semua orang, dan keinginan mendalam untuk menghentikan lebih banyak pertumpahan darah,” lanjut pernyataan tersebut. “Kami menolak menceritakan kisah diam kami kepada generasi-generasi mendatang bahwa kami hanya berdiam diri dan tidak melakukan apa pun. Seperti yang dikatakan koordinator bantuan darurat Martin Griffiths kepada UN News, ‘Sejarah sedang menyaksikan’.”

Lennox bukan satu-satunya artis yang menunjukkan dukungan terhadap gerakan tersebut di Grammys. Anggota supergroup indie Boygenius yang beranggotakan Phoebe Bridgers, Julian Baker, dan Lucy Dacus, mengenakan setelan putih serasi di karpet merah yang masing-masing dihiasi dengan pin Artists For Ceasefire berwarna merah. Baker adalah salah satu penandatangan pernyataan di situs kolektif tersebut, tetapi nama Bridgers dan Dacus sebelumnya tidak terdaftar. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement