Ahad 05 Feb 2023 13:50 WIB

Masih Kesulitan Bikin Poached Egg? Coba Trik Antigagal dari Chef TikTok Ini

Poached egg yang sempurna tidak memiliki juntaian kasar dari putih telurnya.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Poached egg. Menyaring putih telur hingga bagian yang cairnya tiris dapat menghasilkan poached egg yang sempurna, menurut pastry chef sekaligus pengguna TikTok dengan akun @half_batch_baking.
Foto: TikTok @eatlikeanadult
Poached egg. Menyaring putih telur hingga bagian yang cairnya tiris dapat menghasilkan poached egg yang sempurna, menurut pastry chef sekaligus pengguna TikTok dengan akun @half_batch_baking.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kesalahan bisa dengan mudah terjadi dalam proses memasak telur rebus tanpa kulit alias poached egg. Ketika kesalahan terjadi, telur yang sedang direbus akan tampak menyebar dan berantakan di dalam panci.

Pastry chef sekaligus pengguna TikTok dengan akun @half_batch_baking mengungkapkan sebuah rahasia ilmiah dalam membuat poached egg yang sempurna. Chef tersebut menjelaskan bahwa putih telur dikenal pula sebagai albumen.

Baca Juga

"Ada bagian luar albumen yang lebih cair yang terletak dekat cangkang dan albumen dalam yang lebih tebal dan berfungsi untuk menjaga kuning telur," jelas chef tersebut, seperti dilansir Express, Ahad (5/2/2023).

Pada telur yang berkualitas, albumen dalam atau inner albumen tak terlalu cair sehingga tidak akan menyebar terlalu luas. Untuk membuat poached egg yang sempurna tanpa ada bagian telur putih yang menjuntai-juntai, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuang bagian albumen luar yang tipis dan cair.

 

Untuk melakukan hal tersebut, ada satu alat yang perlu digunakan yaitu saringan halus atau saringan dengan lubang yang sangat kecil. Pecahkan telur dan tuangkan ke atas saringan. Karena lubangnya yang sangat kecil, bagian telur yang akan keluar dari saringan hanya bagian albumen luar yang cair.

"Albumen yang lebih tebal dan kuning telur akan tetap (di atas saringan), pindahkan telur tersebut ke dalam mangkuk kecil," kata chef tersebut.

Selanjutnya, siapkan saucepan atau panci dan isi dengan empat cangkir air. Tambahkan pula satu sendok makan cuka ke dalamnya.

"Rebus air hingga mendidih dan kemudian ubah apinya menjadi api kecil," ujar chef tersebut.

Langkah berikutnya, masukkan telur ke dalam panci secara perlahan. Chef pemilik akun @half_batch_baking ini biasanya menggunakan ladle atau sendok sayur untuk memasukkan telur ke dalam air di panci.

Bila menginginkan poached egg yang lembut, cukup rebus telur selama tiga menit di dalam panci. Sedangkan bila menginginkan poached egg lembut dan sedikit lebih padat atau kokoh, rebus telur selama empat menit.

Selanjutnya, angkat dan sisihkan telur dari panci. Bila dibelah, poached egg ini akan memiliki kuning telur yang "meleleh" sempurna dengan putih telur yang halus tanpa ada juntaian-juntaian kasar.

Banyak warganet yang terkesima saat melihat hasil poached egg buatan sang chef di akun @half_batch_baking. Beberapa warganet menyebut poached egg tersebut memiliki bentuk yang sempurna. Ada pula yang langsung meniru trik dari akun @half_batch_baking dan berhasil.

"Baru saja membuat poached egg pertama saya menggunakan video Anda, sangat mudah," tulis seorang warganet.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement